Kaki Juga Bagian dari Aurat

Dear Muslimah, Kaki Juga Bagian dari Aurat


Wajib Tahu ! Kaki Wanita Juga Bagian dari Aurat

Kaos kaki^^

Kaos kaki adalah benda mungil yang menjadi salah satu perhiasan wajib bagi muslimah, tepatnya dikenakan di kaki ya, hehe.

Kok wajib?
Iya dear, karena seorang muslimah wajib hukumnya menutup aurat mereka. Ingat ya aurat bagi muslimah itu adalah seluruh tubuh kecuali bagian wajah dan telapak tangan.
Nah... kaki kan bagian dari tubuh ya dear, maka menutupinya terkena hukum wajib. Seperti yang pernah diriwayatkan dari bunda 'Aisyah radhiallahu'anha, beliau berkata "


“Asma’ binti Abu Bakar pernah menemui Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam dengan memakai pakaian yang tipis. Maka Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam pun berpaling darinya dan bersabda, ‘wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita itu jika sudah haidh (sudah baligh), tidak boleh terlihat dari dirinya kecuali ini dan ini’, beliau menunjuk wajahnya dan kedua telapak tangannya”. (HR. Abu Daud 4140, dalam Al Irwa [6/203])


Allah ta’ala juga berfirman:

وَلاَ يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَايُخْفِينَ مِن زِينَتِهِنَّ

“dan janganlah mereka memukulkan kaki mereka agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan.” (QS. An Nur: 31)


Tuh Dear, Allah dan Rasul udah ngasih tahu kalo kaki itu bagian yang harus kita tutupi :)
Tapi kan gerah...
ah itu mah karena belum terbiasa aja.
Tapi kan kaya ema-ema
Ahhh banyak kok kaos kaki bermotif yang bikin kamu tampil makin modis
Tapi kan nanti kaki akunya keringetan bau lagi...
Justru dengan mengenakan kaos kaki, kaki kamu bakalan jauh lebih sehat. Nih ya Khaira kasih tau. Kalo dengan pake kaos kaki tuh seenggaknya debu dan kotoran nggak bakalan nempel so... kaki kita
bakal terhindar dari jamuran, nggak bikin kulit pecah-pecah pula alias rorombeheun.

Baca juga :
GERBONG 02 - Yuk Hijrah
Kids Zaman Now Menurut Islam - Yuk Hijrah


Masalah keringetan dan bikin bau? Hmmm... masa iya siiih kita cuman punya 1 kaos kaki aja^^
nabung buat beli kaos kaki yang agak banyakan bisa kan? masa nggak bisa?
Buat beli bakso sama jajan ini itu aja bisa, masa buat ta'at  dan bukti cinta kita kepada-Nya kita nggak mau berjuang sedikit pun.

Kuy ah kita pake kaos kaki kapanpun dan dimanapun tanpa kata TAPI ya^^
Bismillah... niatkan karena-Nya insyaAllah akan dipermudah:)

Masihkah tentang Rindu?

Masihkah tentang Rindu

Rindu ataukah Nafsu


Pada ruang kosong ku mengadu
Bahwa rindu begitu menggebu
Sedang tembok-tembok tak pernah setuju
Meski hanya bertanya "apa kabar kamu?"

Herannya aku menunggu
Merelakan rindu terhenti disitu

Dikala begitu menggebu
Fikiran masih tertuju padamu
Terbesit rasa ragu

Inikah yang disebut rindu?
Ataukah sekedar nafsu?
This entry was posted in

Apa Kabar Rindu?

Tasikmalaya, 28 Oktober 2017
03.00 WIB



Hujan dan Rindu
Hujan dan Rindu



Hujan dan Rindu

Hujan membawaku pada rindu
Gemerciknya seolah mengajak pada masa lalu
Kutembus hujan demi rinduku

Basah tak masalah bagiku
Terpenting adalah rindu
Rindu yang berselimut harapan dan angan
Pada semu dan abu-abu

Semakin rindu semakin semu
Semakin rindu semakin abu-abu

Berteduh pada cinta
Menunggu hujan tak jua reda
Pun jua rindu yang tak jua berlalu

 

 


 
 
This entry was posted in

Perayaan Sumpah Pemuda Irema As-Salam

Tasikmalaya, 27 Oktober 2017
 
Salah satu bentuk rasa terima kasih kita sebagai pemuda, setiap tahunnya selalu diadakan hari memperingati sumpah pemuda. Cara memperingatinya pun beragam. Namun kali ini ada yang menarik dari cara memperingati sumpah pemuda dan yang paling luar biasa hal ini terjadi dikalangan siswa SMA, tepatnya di SMAN 6 Kota Tasikmalaya.
 
Irema As Salam SMAN 6 Tasikmalaya
 
 
Siswa-siswi yang berada dalam naungan Irema As-Salam menggelar acara Lailatul Ta'aruf atau malam perkenalan. Acara tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan untuk membentuk kader-kader Irema agar mampu menjadi pribadi-pribadi yang siap bergerak dan memberikan yang terbaik dalam hal dakwah sekolah. Selalu berada di barisan terdepan dalam hal apapun. Namun tahun ini berbarengan dengan acara tersebut para aktivis dakwah sekolah pun memperingati hari sumpah pemuda dengan cara bersama-sama melantunkan asma Allah di sepertiga malam kemudian bersama-sama berikrar untuk menjadi permuda-pemuda yang mampu menjadi pribadi-pribadi di atas garis, pribadi yang selalu bermanfaat.
 
 
Lailatul Ta'aruf Irema As Salam Sixtas

Memiliki komunitas yang dapat saling MENGINGARKAN bukan saling MENJATUHKAN itulah Irema As Salam. Tetap saling bergandengan dan menguatkan untuk mendapatkan ridho dari-Nya.


Salam
IREMA As-Salam SMAN 6 Tasikmalaya
 





 

Tips Meraih Impian dengan Mudah

Perkataan  Ali Bin Abi Thalib - Yuks Hijrah

 
Impian...
Impian adalah hal yang membuat seseorang semangat dalam menjalani kehidupan. Karena itu setiap hembusan nafasnya akan penuh dengan semangat menggelora. Semua lantaran ada tujuan khusus, visi misi mulia yang ingin dicapai dan dijadikan sebagai kenangan terindah bagi orang-orang disekelilingnya. Hidup orang yang memiliki impian tak terbatas meski maut telah menjemputnya. Abadi selalu dalam doa-doa yang dipanjatkan oleh mereka yang merasakan kebermanfaatan orang-orang yang memiliki impian.
Sang Pemimpi - Yuks Hijrah

Ada perbedaan antara mimpi dan impian. Yaps... Mimpi itu seperti sesuatu yang hanya diinginkan namun tidak pernah ada aksi nyata untuk mewujudkannya. Sedangkan impian, adalah harapan yang dibuktikan dengan aksi nyata dan tertarget agar bisa tercapai. Maka, hari ini sudah sepatutnya kita membuat peta-peta impian kita. Tuliskan target kapan impian itu harus terwujud dan langkah apa saja yang harus kita lakukan untuk mencapai titik keberhasilan.

Teringat sebuah pepatah "Kebenaran yang tak terorganisir akan dikalahkan oleh kebatilan yang terorganisir." (Ali bin Abi Thalib)
 
Dara perkataan Ali kita bisa mengambil pelajaran berharga bahwasanya ketika kita memiliki impian pun, haruslah ada peta yang jelas. Ada targetan-targetan yang tertulis dan didampingi oleh aksi nyata.
 
Selamat memetakan impian^^
Semoga apapun impian kita semuanya tetap bermuara pada tempat yang sama, yaitu menggapai keridoan-Nya. Menjadi pribadi yang bermanfaat :)
 

Tidak Semua Orang Sakit itu Menderita

Sakit Menggugurkan Dosa -  Yuks Hijrah 

Sakit adalah keadaan yang tidak pernah diinginkan oleh siapapun. Apalagi jika sakit yang dialaminya termasuk pada kondisi yang parah. Karena selain perlu biaya yang malal, mengganggu aktivitas dan juga membuat cemas orang-orang terdekat.
Kendati begitu meski rasa sakit yang menyerang membuat setiap yang merasakannya terkulai lemas dan tidak nyaman, dalam Islam ternyata ada banyak hal yang tersembunyi di balik rasa sakit itu. Sehingga tidak ada yang perlu dikeluhkan ketika kita sakit.

Jadikan Sakit sebagai Penggugur Dosa
Jadikan Sakit sebagai Penggugur Dosa



Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW mengatakan bahwa sakit merupakan bentuk kasih sayang Allah SWT kepada hamba-Nya. Karena ketika sakit itulah Allah SWT mengutus empat malaikat secara khusus untuk menjenguk manusia. Tidak hanya sekedar melihat, malaikat ini melakukan hal yang justru akan membuat manusia bersyukur diberi musibah sakit tersebut.

Rasulullah SAW bersabda: “Apabila seorang hamba yang beriman menderita sakit, maka Allah memerintahkan kepada para malaikat agar menulis perbuatan yang terbaik yang dikerjakan hamba mukmin itu pada saat sehat dan pada saat waktu senangnya.” (Abu Imamah al Bahili)

“Tiada seorang mu’min yang ditimpa oleh lelah atau pe¬nyakit, atau risau fikiran atau sedih hati, sampaipun jika terkena duri, melainkan semua penderitaan itu akan di¬jadikan penebus dosanya oleh Allah,” (HR Bukhari-Muslim).

So...
Kondisi sakit memang tidak mengenakan. Tapi, ingatlah ada kebaikan dibalik rasa sakit itu salah satunya insyaAllah akan menjadi penggugur dosa-dosa kita. Dan ketahuilah bahwa tidak semua orang sakit itu menderita.
Hallahh... DUSTA
Mana ada orang sakit nggak menderita? (pake tanduk besi ) hehehe

Eits... jangan salah loh, beneran deh nggak semua orang sakit itu menderita. Buktinya istri pak Eko Prio salah satu pengusaha di Indonesia, dia menyandang penyakit lupus. Tapi, dia malah mampu memberikan kontribusi positif untuk orang banyak yaitu dengan membuka yayasan syamsi duha. Sebuah yayasan yang diperuntukan untuk orang-orang yang menyandang lupus. Dan karena penyakit itu pula beliau dan suami malah merasakan nikmat-nikmat yang luar biasa. Salah satunya nikmat kasih sayang-Nya yang tak pernah hilang.


Nggak semua orang sakit itu menderitra gusy, ketika rasa sakit itu kita alihkan pada rasa syukur terhadap-Nya. Ketika kita mampu menerima takdir dari-Nya dengan hati yang lapang dan semakin mendekat ke arah -Nya.

Yuks tetap berfikir positif...
Teruslah berprasangka baik terhadap-Nya meski dalam kondisi sakit sekalipun. Karena sekali lagi pasti ada pesan cinta yang tengah Dia sampaikan kepada kita:)

Menjadi Pribadi idaman Syurga

Taubat dan Istigfar - Yuk Hijrah^^

Khilaf...
Pase dimana setiap manusia pernah mengalaminya. Entah itu sesuatu yang besar ataupun kecil, virus ini selalu menjadi bumerang bagi manusia. Dia kadang mengintai seperti bayang-bayang, menempel seperti seperti benalu, mengenggam seperti sahabat dan memberikan warna seperti cinta.
 
Just Focus on Allah
 
 
Kita tidak pernah tahu kapan kita akan berbuat khilaf, berbuat sesuatu yang tidak Allah sukai. Kita tidak bisa memprediksinya karena virus ini menyerang dengan begitu halusnya. Masuk tanpa permisi dan mengikat seperti sahabat. Namun... ada hal-hal yang bisa mencegah kita berbuat sesuatu yang tidak sepantasnya yakni :
 
Point pertama ini kerap kita lupakan. Terkadang lebih sering berinteraksi dengan makhluk dibandingkan dengan Sang Pencipta. Padahal banyak loh yang harus kita bicarakan pada-Nya misalnya saja mengatakan "Ya Allah hamba mau ke sekolah, tolong temani aku ya Allah". Mau minum, makan, dan melakukan segalanya, pernahkah meminta izin kepada-Nya?
lah ribet izin gini gitu...
lah kaya orang gila ngomong sendiri
 
Lah... kamu ini hidup dimana? Di buminya Allah kan? jadi semuanya milik Allah... masa mau ngapa-ngapain nggak izin dulu sama pemiliknya? hehe
Nggak usah diucapin kali... cukup dalam hati aja. simple kan?:)
Nih... cinta aja muncul karena terbiasa. Biasa ketemu, biasa ngobrol, biasa beraktivitas bersama, biasa.... biasa... biasa...
Nah supaya kita bisa lebih cinta sama Allah, maka kuy biasain dong ngomong sama Dia, biasain dong lebih sering mengucap nama-Nya supa ntar kerasa tuh getaran-getaran cinta dari-Nya. Beuh kalo point yang satu nih udah dilakuin insyaAllah bisa membantu meminimalisir kegonjrengan-kegonjrengan yang bikin jalan ke neraka itu makin terbuka lebar.
 
 
Yang nggak kalah penting itu... punya sahabat yang senantiasa menuju ke arah-Nya. Bonus bersahabat sama orang-orang model kaya ginian tuh, kalo kita lagi oleng, udah mau menjurus nih ke hal-hal yang nggak bener pasti langsung di pentung^^ diingetin supaya tetep berada dalam koridor-Nya. So... berteman boleh sama siapa aja, tapi... kalo bersahabat, bersahabatlah dengan mereka yang bisa membawamu selamat di dunia hingga akhirat.
 
Bahwasanya Nabi shallallahu’alaihi wasallam bersabda:
 
إِنَّ اللهَ يَقْبَلُ تَوْبَةَ الْعَبْدِ مَا لَمْ يُغَرْغِرْ.
 
Sesungguhnya Allah menerima taubat seorang hamba, selama (ruh) belum sampai di tenggorokan” (HR. Tirmidzi, dari Ibnu Umar Radhiyallahu’anhuma).
 
Khilaf...
Berbuat dosa...
adalah hal yang manusiawi, namun kita bisa kok mencegahnya dan meminimalisirnya. Kalo pun sudah terlanjur berbuat kesalahan maka bertaubatlah, meminta ampunan pada-Nya dan jangan sekali-kali mengulangi kesalahan itu. Yuks... terus melangkah memperbaiki diri karena apa yang kita jalani, kenikmatan, kebahagiaan, dan semuanya hanyalah sementara.
 
Mari kita bersama melangkah menjadi pribadi-pribadi idaman syurga dengan cara senantiasa menghadirkan cinta pada-Nya melalui jalan-jalan taqwa :)

Dosa kecil yang Mengalir Sampai Akhir

Menjadikan Sosial Media sebagai Ladang Pahala bukan Ladang Dosa

Hijrah...,
Kata yang sangat diidamkan setiap orang untuk mampu dia ucapkan dan dia kerjakan. Bahkan sekelas manusia paling biadab sekalipun pasti hinggap dititik dia menginginkan hal itu, insyaalah tentu dengan izin-Nya dan karena sentuhan-Nya.
 
Kata hijrah sendiri berasal dari Bahasa Arab, yang berarti meninggalkan, menjauhkan  dan berpindah tempat. Adapun makna hijrah yang akan Khaira kupas yakni lebih tertuju pada perubahan seseorang dari yang tidak baik menjadi baik, dari baik menjadi lebih baik, dan yang lebih baik menjadi semakin baik dititik keistiqomahan.
 
Perintah berhijrah terdapat dalam beberpa ayat Al-Qur’an, antara lain: Qs. Al-Baqarah 2:218).
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berhijrah di jalan Allah, mereka itu mengharpakn rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”
 
Dalam berhijrah utamanya kaum akhwat pasti yang terlebih dahulu dilakukan adalah perubahan dari segi penampilan. Awalnya belum syar'i berproses untuk membiasakan diri mengenakan pakaian sesuai aturan-Nya. Seiring penampilan yang berubah maka kualitas isi nya pun diperbaiki. Ada yang rajin halaqahnya, mesantren, ikut majlis, dan segala hal yang dapat menambah pengetahuannya tentang Islam. Namun sada hal-hal kecil yang kerap terabaikan oleh akhwat maupun ikhwan yang tengan berhijah. Kira-kira.... apa yach?^^
 
Dakwah melalui Facebook
Dakwah melalui Facebook
Yups Facebook salah satunya :)
loh kok fb?
iya... fb.
Siapa sih yang nggak pernah pake sosmed yang satu ini. Nah... biasanya kita sering lupa untuk menghijrahkan pula akun-akun sosmed yang kita punya. Status-status di masa lalu yang tidak sepantasnya di share ternyata masih bisa dinikmati khalayak ramai. Kemudian foto-foto yang mengubar aurat, atau bahkan foto dimana si pemilik akun tengah bermesraan dengan yang belum halal baginya terpampang jelas di situ. Bahkan mungkin foto kita yang biasa saja namun tetap mengundang ribuan pasang mata untuk melihat kita, memuji hingga "membayang" hal-hal yang tidak seharusnya dibayangkan oleh yang melihat foto kita masih ada di situ.

Lah kan cuman status kok...
Cuman foto kok...
Ribet banget sih

Sahabat Khaira yang Sholih dan Sholihah...
ingatlah setiap apa yang kita lakukan akan kita pertanggung jawabkan diakhirat kelak dihadapan-Nya. Status atau foto-foto yang menjadi sumber dosa bagi orang lain maupun dirinya sendiri akan kita pertanggung jawabkan kelak dihadapan-Nya. Bahkan ketahuilah ketika kita tidur, ketika kita berbuat baik, dan ketika kita melakukan yang terbaik ternyata... ada dosa yang terus mengalir pada kita yakni dosa yang timbul dari hasil kita bersosial media.

Hal ini berlaku juga bagi ikhwan ya...^^
Inget loh... ikhwan juga harus menjaga aktivitasnya di sosmed. Karena nggak sedikit "perempuan" yang kadang ngepoin foto kaum ikhwan. Bisa jadi "perempuan" ini pun membayangkan hal yang tidak-tidak. Misalnya andaikan aku bisa menggandeng tangannya, andaikan bla bla bla... etc.

So...
yuks hijrah.
Hijrah diri dan juga hijrahkan semuanya.
Saling menjaga bukan hanya di dunia nyata tapi juga di dunia maya. Gunakan sosmed sebagai ladang pahala bagimu. Jangan pake curhat atau berdoa hehe kalo mau curhat sama ngadoa mah langsung wae ka Allah jangan di sosmed hehe...


Saling menjaga...
Untuk akhwat, bantulah para ikhwan untuk menundukan pandangannya di sosmed
begitu pula sebaliknya wahai ikhwan bantu pula para akhwat untuk menundukan pandangannya di sosmed.


Sahabat mungkin itu dari Khaira.
Semoga kita bisa menghijrahkan seluruh apa yang kita punya agar Allah ridho sama kita. Aamiin :)



 

Kids Zaman Now - Yuk Hijrah

Realita Remaja Masa kini istilah kerennya "Kids Zaman Now" !

Abad 21, merupakan kondisi zaman yang serba canggih serba mudah dan apa pun yang ada saat ini sanggup menghipnotis seorang muslim khususnya anak muda yang seharusnya semakin giat untuk mempelajari Islam. Malah ikut tergerus perkembangan zaman.

Loh kok anak muda yang kena ? Ya Iya lah guys ... Jelas anak muda yang kena alasannya simple karena kitalah yang kelak akan menjadi penerus bangsa dan agama yang kelak akan berperan aktif dalam menebarkan virus-virus kebaikan di muka bumi  atau malah sebaliknya ..

But....
Faktanya di Era Modern saat ini alih alih menebarkan kebaikan malah yang seharusnya bikin orang tidur jadi melek dan yang udah melek makin bolotot tapi malah sebaliknya makin gelap mata dan semakin jauh dari kata kebenaran

Dan berikut fakta fakta kids zaman now (Kelakuan Anak Muda Muslim Zaman Sekarang Efek Negatif dari Modernisasi)

Ngerokok
Mungkin saat ini yang namanya rokok sudah tak asing lagi bagi kita semua, bahkan saking tak asingnya kini rokok bebas dihisap oleh siapa saja tanpa ada nya batasan Usia, dari Orang Tua, Dewasa, Remaja Bahkan Anak SD Yang masih bau kencurpun saat ini sudah banyak yang menghisap rokok.
Astagfirullah...
Uang jajan masih minta....,,,
Tapi kelakuan seperti itu .. Jika orang tua mu sampai tahu kelakuan mu seperti itu akan kah mereka bangga atau malah bersedih ?

Think Again .. Fikirkan kawan bagaimana Perjuangan Mereka dalam mencari rizki untuk menghidupi dan menyekolahkan mu tinggi tinggi, sunguh pasti mereka akan kecewa dan bersedih jika mereka tau kelakuan burukmu itu.



Tawuran Antar Pelajar

Kekonyolan apa lagi yang engkau dustakan ?

Adu kekuatan kok dijalanan... gak elit banget ya guys :D

Kalo niatnya pengen jadi yang terkuat mah yaudah tinggal ikut tuh beladiri trus daftar jadi TNI biar kauuu kauuu ini (yang suka tawuran) puguh kerennya.

Pacaran
Masih kecil padahal, Tapi eh...udah saling sapa Papih Mamih, ayang bunda, sampe-sampe ngobrolin mau punya anak berapa. Aduuuuh cape dehhhh...
Dasar Kids Zaman now efek kebanyakan makan micin kali yak sampe begini hahaaa ...

Hey... neng, a,
coba deh bareng-bareng kita muhasabah diri sekolah aja belum tamat, punya penghasilanpun belum dan terlebih lagi dalam pacaran tuh lebih banyak Mudorot nya dari pada manfaatnya, Bahkan dalam islam pun yang namanya Pacaran dilarang !

“Janganlah kamu sekalian mendekati perzinahan, karena zina itu adalah perbuatan yang keji…” (QS. Al-Isra : 32).

Masih keukeuh keneh rek bobogohan? Berasa lebih berkuasa dari pada Allah...? sampe-sampe seberani itu membangkang aturan-Nya?
#UdahPutusinAja


Seneng Nongkrong
Nah siapa sih yang gak seneng kalo udah kumpul sama temen-temen? Khaira juga seneng.... But jangan sampe kaya gitu tuh...
nongkrongny buat hal-hal yang gak bermanfaat. Pas dipanggil sama panggilan cinta-Nya dari sebrang masjid, eh di jawabnya malah dengan gelak tawa atau petikan-petikan gitar. Aduuuh ini abad 21 neng... kang.... sudah amat terang benderang kuy geuwat ka masjid



Pembunuh
Ini yang paling ngeri dan nggak pernah termaafkan. Anak yang tega membunuh orang tuanya sendiri.

Khaira nggak habis fikir apa yang ada difikiran "mereka" sampai-sampai setega itu. Orang tua yang seharusnya dimuliakan malah dihinakan bahkan dibunuh oleh tangannya sendiri. Ingatlah mereka adalah malaikat penjaga bagimu di dunia dan salah satu kunci pintu syurga bagimu.


Guys...
itulah sepintas fakta-fakta Kids Zaman Jahiliyah sebenernya. Karena Kids Zaman now itu harusnya kaya gini nih

generasi gaul ala Rasul
Kenal kan sama abang yang satu ini? Yups... Muzammil Hasballah.
Muda, Cerdas, Gaul, Ngajinya mantiiiip, lulusan IPB pula dan yang pasti dia itu salah satu laki-laki dengan lebel "ikhwan sesungguhnya" karena berani menikahi bukan memacari^^



So...
Kuy ah geurakeun jadi kids zaman now yang kaya akan prestasi dan tetep G.A.U.L ( generasi ala Rasul) yang senantiasa uye kemanapun tapi tetep nyontohnya ke Rasul.

Sendiri Menyepi - Yuk Hijrah

Menyendiri atau bergaul mana yang lebih baik Dalam Islam ? Yuk Hijrah

Sendiri ..  menyepi menjauhkan diri dari khayalak ramai.
Beberapa orang sangat menyukai hal ini. Alasannya beragam, ada yang menganggap jika sendiri itu menenangkan, membuat fokus lebih tinggi, mengasyikan dan lain sebagainya.

Manfaat dan Kekurangan Beruzlah Atau Menyendiri Di Era Modern
Manfaat dan Kekurangan Beruzlah Atau Menyendiri Di Era Modern

Namun kita lupa jika ada kalanya saat sendirian merupakan momen yang sangat berbahaya untuk diri kita sendiri mengapa? karena diwaktu seperti inilah kita akan merasa tidak ada yang mengawasi. sehingga kadang membuat kita lupa diri dalam beraktifitas bahkan mungkin mengerjakan sesuatu hal yang dimurkai ALLAH. Merasa Aman saat berbuat dosa dan Maksiyat padahal ada Allah yang Mengawasi, Ada malaikat yang menjadi saksi dan mencatat segala macam perbuatan yang kita lakukan.

Namun ... tak jarang pula saat sendirian merupakan momen yang paling istimewa dalam hidup. Karena pada saat itu kita bisa bermesraan dengan-Nya. Dekat begitu dekat .... sampai air mata ini pecah di Sepertiga Malam karena teringat akan banyaknya dosa dalam diri .. 

tapi sayang beribu sayang ... Momen Romantis denganNya sangat amat jarang terjadi karena kita lebih sibuk mengejar dunia dan lupa akan kehidupan kelak di akhirat .

Baca Juga :
Dinamika Kehidupan
Bicara tentang Cinta

Maka dari itu kita, utamanya “aku” yang masih jauh kedekatannya dengan DIA Sang pemilik langit dan bumi, dan segala sesuatu diantara keduanya. Jangan pernah biarkan diri kita sendirian, jika kesendirian itu hanya akan menyeret kita pada sesuatu yang tidak DIA sukai. Berdekatanlah dan gandenglah tangan-tangan sahabat kita yang Sholeh Sholehah yang senantiasa membawa kita dijalur yang diridhoi Allah SWT.

Sibuk kan hari-hari dengan hal-hal positif agar tak ada celah sedikitpun yang bisa membuat kita melakukan hal-hal tercela. Tapi, jangan lupa jaga pula kesehatan agar kita bisa menyongsong hari-hari dengan penuh semangat untuk menggapai ridho-Nya^^

Keep istiqomah buat “aku” dan kamu.. kamu.. semua yang sedang berusaha menggapai ridha-Nya. Semoga kita bisa menjadi bidadari syurga-Nya. Aamiin

Dinamika Kehidupan

Hidup Seperti Jarum Jam-Dinamika Kehidupan

 
Berdinamika...
Begitulah sejatinya kehidupan.
Karenanya semua terasa indah.

Kebayang kan kalo hidup kita terus-terusan bahagia? atau terus terusan sedih... etc
pasti terasa hambar dan membosankan. So, Allah Yang Maha Baik rupanya mengatur semua keindahan dalam hidup itu dengan cara mengirimkan berbagai rasa yang nano-nano untuk kita.
Tiba-tiba semangat, terkadang bosan, beralih penat, sesekali berbunga - bunga, sebentar sedih kemudian bahagia.





MasyaAllah...
Betapa baiknya Allah sama kita. Dia tidak membiarkan kita menjalani hidup dengan satu warna. Tapi dengan berbagai warna, sehingga semuanya terasa indah.

So...
Buat sahabat yang hari ini lagi sedih... mumet... bosan... dan merasa terpuruk... jangan khawatir karena semua itu akan berganti dengan kebahagiaan. Kuncinya hanya satu temukan pesan cinta-Nya, yaitu maksud Allah mengirimkan cobaan tersebut pada mu itu apa?


coba di cek, dicari... karena Khaira yakin setiap apapun yang menimpa kita bahkan yang terlihat sekilas pun itu ada pesan cinta-Nya, ada hal-hal romantis yang tengah Allah sampaikan kepada kita. Hanya saja kita jarang peka sama kode yang Allah berikan.

Sebagaimana Firmannya dalam Al-Quran Surah Al-Insyirah ayat 5 dan 6 :

فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, (Al-Insyirah 94:5)

إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا
sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (Al-Insyirah 94:6)


Oke guys selamat mencari pesan cinta-Nya ya^^
go go go hamasah!

Bicara tentang Cinta

Cinta...
Kata sederhana yang sering diucapkan oleh semua orang. Mulai dari mereka yang belum mengetahui makna hingga mereka yang sudah faham akan maknanya. Hal yang begitu sensitif namun membuat seluruh indra merasakan nuansa yang berbeda dan tak bisa didefinisikan. Kata yang mampu meraup seluruh rasa syukur yang tak pernah terukur.
 
Cinta...
Fitrah dari Sang Pencipta. Sesuatu yang tidak hanya berlaku untuk aku dan kamu, tapi... untuk semuanya. Untuk mereka dan seluruh ciptaan-Nya.
Tapi...
Hari ini, kita akan berbiacara tentang cinta antara aku dan kamu. Antara seorang laki-laki dan perempuan yang telah dewasa dalam pandangan agama.
 
 
Di usia remaja kita sering salah mengartikan cinta. Karenanya cinta hanya didefiniskan pada batas-batas dimana "aku merasa nyaman", didefiniskan pada batas-batas romantisme sesaat, pada sebatang coklat dan setangkai bunga, serta pada sesuatu yang jelas Dia tidak meridhoinya (pacaran misalnya)^^
 
"Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah sesuatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al Isro : 32)
 
Khaira memang tidak dapat mendefinisikan apa itu cinta. Namun satu yang Khaira tahu bahwansannya cinta itu fitrah dari-Nya yang harus disalurkan dalam langkah-langkah keta'atan pada-Nya. Maka ketika hati mulai merasakan ketertarikan, kenyamanan, dan keinginan-keinginan yang menggebu layaknya di film-film romantis masa kini, seharusnya kita mulai bermuhasabah diri. Memikirkan bagaimana mestinya menjalankan fitrah itu agar tetap di jalur yang Dia ridhoi.
 
Mari kita berbicara tentang cinta...
Cinta dalam keta'atan...
Cinta yang dijemput melalui jalan-jalan taqwa
Dan hanya ada satu jalan untuk meraih itu semua yakni PERNIKAHAN
 

GERBONG 02 - Yuk Hijrah



gerbong 02
Gerbong Kereta Api


            Setiap orang menikmati udara pagi dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang sengaja menyambutnya dengan secangkir teh, senyuman, kegelisahan, dan sebuah pengharapan. Begitu pula denganku yang menyambut pagi melalui tulisan rindu untuk seseorang yang sebenarnya belum aku ketahui siapa dan di mana. Tapi entah mengapa, aku begitu meyakini bahwa sosok itu ada dan akan menjemputku kelak dengan cara yang indah nan suci.

MasyaAllah... sungguh indah panorama ciptaan-Nya ini. Subuh ini menjadi sebuah ketenangan yang hadir disaat aku bermuhasabah diri di tempat yang sesunyi ini. Waktu terus berlalu, mengukir kisah yang tidak aku inginkan. Setiap hari harus ku lihat suasana yang bertentangan dengan nurani. Dan sikap halus yang bukan malah meluluhkan, tapi semakin mengeraskan hatiku dan semakin membuatku takut bahwa yang mendekat tak jauh berbeda dengan wajah-wajah malaikat berhati iblis.

            Ketakutan itu begitu dalam merasuk di jiwa, hingga aku semakin sering menjauh dari keramaian dan memilih menyendiri menikmati angin yang berhembus lewat jendela kamar atau tempat-tempat hening seperti ini. Aku lebih suka berbicara pada tinta dan kertas. Melukiskan hari yang dilalui. Begitulah aku berserah pada waktu, menghindari rasa sakit yang setiap saat bisa saja melukai hatiku.

            “Bagaimana kamu di sana? Apakah hari-harimu menyenangkan? Atau mungkin sama halnya dengan aku? Tolong sekali saja kau jawab laporan harianku padamu. Karena sekarang aku sedang merasa lelah menunggu. Aku merasa sakit karena setiap kali menulis untukmu, mengabarimu, dan menceritakan semua isi hatiku, kamu tidak pernah hadir untuk menjawabnya. Harus berapa lama lagi aku menunggumu? Harus berapa lama lagi aku menghabiskan hari tanpa jawaban darimu. Tidak bisakah di sana di tempat yang tidak aku ketahui dimana, kamu meminta pada-Nya dengan teramat sangat untuk segera dipertemukan dengan ku? Tidak bisakah kamu berusaha mencariku, menemukanku dan segera menjabat tanganku? Kekasihku yang tidak aku ketahui siapa, maaf, karena hari-hari yang begitu melelahkan aku bersikap seperti ini padamu.”Coretanku di atas kertas putih yang tak berdaya.

            Selalu ku berharap akan kehadirannya dan aku pun hanya bisa menitipkan riduku pada Allah Yang Maha Tahu isi hatiku  untuk dia, calon imam yang entah siapa dan di mana. Aku meyakini bahwa rasa rindu itu akan Dia sampaikan tepat ke hatinya. Aku pun selalu berdoa agar senantiasa sosok calon imamku kelak selalu berada dalam dibimbing-Nya untuk menjadi ikhwan yang kelak akan membawaku ke syurga-Nya. Dan aku selalu setia pada sosok rahasia itu hingga tak pernah sekalipun aku menyebut nama yang belum tentu itu adalah dirinya. Semoga di sana dia pun melakukan hal yang sama denganku.

Hal konyol ini sering kali membuatku dianggap gila oleh teman dan sahabatku. Mungkin tingkahku ini berlebihan, namun inilah aku gadis sederhana dengan keteguhan hati yang tetap menjaga kehormatan diri demi lelaki yang kelak menjadi imamku dimasa depan.

Tak jarang bisikan teman dan sahabat yang menyuruhku untuk pacaran, namun aku tetap pada pendirianku dan meyakini bahwa saat itu akan tiba, ketika sosok lelaki dengan ketulusannya mendatangi waliku. Dengan gilanya aku yang tidak pernah melewatkan satu hari pun untuk menulis, mengabari kekasih yang masih menjadi rahasia. Sampai pada suatu hari aku terpaksa tidak menulis lantaran harus bergegas menuju kota Santri, karena urusan pekerjaan. Dengan menggunakan kereta aku pun bergegas menuju kota itu, walaupun sebenarnya aku sangat takut naik kereta, tapi apalah daya aku harus melakukannya demi sebuah pekerjaan.

***

Sepanjang perjalanan mataku tidak bisa terlelap, bahkan yang ada hanyalah ketakutan hingga keringat dingin dan jantung pun berdebar-debar manakala kereta itu mengeluarkan suaranya yang khas.

“Tuuuttt... Gujeg... Gujeg...!!!”

Dalam kondisi ku yang ketakutan di gerbong 02, ternyata ada seseorang yang tengah memperhatikanku. Lelaki berjenggot tipis dengan almamater salah satu universitas di kota santri. Lelaki itu kemudian mendekatiku.

“Neng nggak apa-apa?” Tanya lelaki itu heran.

“Nggak kang.” Jawabku sembari menggenggam erat tas kecil dan berusaha menahan ketakutan yang mendalam.

“Kalau neng mau muntah, ini sini aja. Jangan malu-malu.” Sembari memberikan kantong kresek berwarna hitam.

“Bukan kang, bukan. Saya cuman takut naik kereta dan ini memang pertama kalinya. Benar-benar takut.” Aku masih saja merasa gemetar.

“MasyaAllah... coba minum dulu neng trus bayangkan saja kalau perjalanan di kereta ini adalah salah satu alternatif kita bertemu jodoh. Jika nanti kereta ini berhenti maka di situlah jodoh kita menanti. Bayangkan saja kebahagiaan kita ketika ketemu jodoh akan seperti apa. Ganti pikiran tentang seramnya kereta dengan bertemu jodoh aja neng. Hihihi....” jelas lelaki itu yang entah apa maksudnya mendekatiku.

Aku pun mengikuti saran lelaki itu. Konyol memang, tapi kata-katanya cukup membuatku cengengesan. Dan ternyata masih ada orang yang jauh lebih baperan dibandingkan aku.

“Apakah dia calon imamku? Apakah seperti ini calon imamku?” gumamku dalam hati dengan lugunya.

Ketakutanku pun perlahan sirna. Semua itu berkat kata-kata lelaki itu yang tanpa memperkenalkan diri, namun terus bercerita kesana kemari. Hingga sesekali ucapannya membuatku tertawa. Perjalanan panjang itupun berakhir tanpa terasa. Di statsiun aku dan lelaki berjenggot tipis itupun saling berpamitan.

            “Eh, neng maaf kita kan belum kenalan. Nama ana Willy.”

            “Saya Alhaya Izatunnisa. Panggil saja...,” Kata-katanya terhenti karena ada seseorang yang memanggil.

            “Bi... Abi!” Seorang perempuan memanggil-manggil ke arahku.

            “Itu istri saya, mari saya kenalkan.” Kata Willy.

            Rupanya lelaki yang membuatku merasa nyaman sepanjang perjalanan sudah memiliki istri. Wanita yang bukan hanya cantik rupanya namun juga baik hatinya. Setelah berkenalan mereka pun mengajakku untuk mampir ke rumah mereka.

***

Baca Juga :
Indahnya Takdir Allah
Hukum wanita berdandan dalam islam Yuk Hijrah

            Kota santri, akhirnya aku pun bisa menginjakkan kaki di tanah yang kelak akan merubah jalan hidupku agar lebih terarah, meski tragedi di kereta tadi membuatku tercekat dan malu sendiri dengan diriku yang telah menerka-nerka dan berharap dia calon imamku.

            “Haduuuh... Nisa jangan konyol, ini saatnya kamu menyusun masa depan. Sudah saatnya fokus pada pekerjaan dan lupain tragedi di kereta tadi.” Gerutuku sambil menyesali kekonyolan itu.


THE END

This entry was posted in

Hukum berMake up - Yuk Hijrah

Hukum wanita berdandan dalam islam Yuk Hijrah

Make up merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi seorang wanita. Mulai dari negeri timur sampe negeri barat. Bagaimana tidak? Namanya juga wanita, mereka memiliki rasa ingin selalu terlihat cantik dan sempurna dimanapun dia berada.

Karena hal itu, tidak sedikit dari mereka yang rela merogeh koncek dalam-dalam untuk membeli riasan wajah bahkan melakukan perawatan wajah agar terlihat & mendapat pujian "cantik".

Hukum Merias Wajah ( Make Up ) dalam Islam
kriteria wanita cantik menurut sunnah

Lipstik merah merona, bedak yang membuat wajah cerah mulus ala wanita-wanita sipit dari negri gingseng, pemerah pipi pun tak kalah ketinggalan menghiasi wajah mereka. Belum lagi... Parfum menyengat yang mampu memikat indra penciuman kaum adam.

Masyaa Allah...
Luar biasa kebayang cantiknya ya^^ dan yang pasti luar biasa kebayang berapa BIAYANYA hehe

Tapi ...diluar itu semua tahukah sahabat jika kriteria wanita cantik dalam islam bukan dilihat dari harga make up yang di beli, melainkan dari ketaatannya terhadap Sang Pencipta. Kecantikan itu akan terus bertambah manakala para muslimah senantiasa menghiasi wajahnya dengan air wudhu, mengoleskan lipstik kejujuran dibibirnya, memberikan pemerah pipi alami yang muncul dari rasa malu di hati, dan senantiasa mewangikan tubuhnya dengan mengenakan sabun istigfar. Sehingga bukan hanya sekedar wangi namun dia pun bersih dari kuman-kuman bernama dosa dan kekhilafan.

But... bukan berarti pula... Khaira melarang teman-teman muslimah mengenakan make up ya. Tidak sama sekali...

Lebih tepatnya Khaira mengajak teman-teman untuk senantiasa mengenakan make up sewajarnya, tidak berlebihan. Dan tentu senantiasa mengenakan make up muslimah supaya cahaya cantikmu memancar hingga ke lapisan penghuni syurga^^

Baca Juga :
Tetap Anggun dengan Berpakaian Syar'i - Yuk Hijrah


Hukum Wanita Muslimah Berdandan (Make Up) berlebihan Dalam Islam Sesuai Alquran

Sahabat Khaira yang sholehah, sesungguhnya Allah ta'ala telah berfirman

يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah setiap (memasuki) masjid. Makan dan minumlah, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan” (QS. Al-A‘raaf, 7: 31).

Nah...
Dari ayat di atas jelas sudah bahwa Allah tidak menyukai sesuatu yang berlebihan. Termasuk dalam urusan berhias diri. Ingatlah Sahabatku, cantik yang sempurna adalah ketika terlihat Cantik dihadapan-Nya, Mengapa ?karena ketika kecantikan itu terpancar dihadapan NYA, maka sinarnyapun akan terlihat dihadapan makhluk.

Tetap Anggun dengan Berpakaian Syar'i

Berpenampilan syar'i terkadang menjadi pertimbangan yang cukup membimbangkan untuk kita yang ingin berhijrah. Bagaimana tidak? bukan hanya penampilan saja yang akan berubah, tapi SEMUANYA. Misalnya saja dari yang tadinya bebas celawakan bawa motor pake celana panjang, sekarang harus ganti dengan rok. Trus yang hobby travelling pun mau nggak mau akan belibet dengan pakaian syar'i nya. Kemana-mana harus pake kaos kaki, belum lagi buat para akhwat yang tadinya ekspresive harus berusaha menahan dirinya. Karena anggun, cool dan pendiam begitulah idealnya seorang muslimah.
Namun... jangan salah guys...
Berpenampilan sesuai dengan syari'at adalah keharusan bagi setiap muslimah sebagaimana firman-Nya : 

"Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka." (QS Al Ahzab : 59) 

Dan bukan berarti dengan mengikuti aturan-Nya lantas kita tidak dapat melakukan sesuatu yang kita sukai. Kita hanya perlu berfikir cerdas. Misalnya saja buat kamu yang hobby travelling, kamu tetep bisa kok berpenampilan syar'i. Caranya ya... sekarang udah banyak kan yang namanya celana rok? Yang hobby berenang, banyak kan pakaian renang yang syar'i? dan buat kamu... kamu... barisan akhwat yang ekspresive, tenang ajan^^ Anggun, pendiam dan Cool memang begitu sejatinya seorang muslimah... TAPI nggak gitu juga... karena yang terpenting itu sholehahnya. Bersikap rianglah, keluarkan ekspresivitasmu dan tetep be yourself. Karena bisa jadi dengan kamu yang seperti itu, justru lebih dekat dengan lingkungan yang notabene menjadi target dakwahmu:)
So... Yuk berhijrah tanpa kata TAPI and berusaha berfikir cerdas^^