NO TABARRUJ 3

TABARRUJ MODERN

Pernak pernik abad 21 menuntut kita untuk melakukan yang "terbaik" termasuk dalam segi penampilan. Dan untuk urusan yang satu ini wanita paling mendominasi. Tidak heran memang, karena kodrat seorang wanita yakni dijadikan oleh Allah sebagai makhluk yang indah dan juga sebagai cobaan bagi kaum adam.

Wanita di abad ini cenderung memilih hidup sebagai wanita karir. Sehingga penampilan yang manarik menjadi hal yang urgen bagi mereka. Segala macam cara pun dilakukan mulai dari pake makeup dan parfum berlebihan, cukur alis, dan kali ini diperparah dengan yang namanya menyambung rambut.

Menyambung Rambut

Menyambung rambut hukumnya haram, bagaimana dan apapun alasannya. Meski dalam kondisi sakit sekalipun. Diriwayatkan Aisyah r.a bahwa seorang wanita Anshar menikah lalu dia sakit yang menyebabkan rambutnya rontok. Dia ingin menyambungnya, namun wanita tersebut meminta izin kepada Rasulullah terlebih dahulu. Rasulullah kemudian menjawab 

"Allah melaknat al-washilah dan al-mustaushilah."(HR. Bukhari)

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah r.a., dia berkata 
"Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa salam melarang perempuan menyambung sesuatu pada rambutnya." (HH. Muslim)

Ibnu Mas'ud berkata, "Allah melaknat wanita yang menyambung rambut dan yang meminta untuk disambung rambutnya, wanita yang menato dan orang yang meminta untuk ditato, wanita yang mencukur alis mata dan wanita yang meminta untuk dicukur alisnya, serta wanita -wanita yang mengikir giginya agar menarik. Mereka adalah wanita-wanita yang mengubah ciptaan Allah. Bagaimana mungkin aku mtidak melaknat orang yang dilaknat Rasulullah, padahal itu terdapat dalam kitab Allah!" (HR. Bukhari dan Muslim).

Maksud dalam firman Allah tersebut adalah 
"...Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah ia. Dan apa yang dilarang bagimu maka tinggalkanlah." (QS. Al-Hasyr. 7)

Selalu ada kebaikan dibalik apa yang Allah dan Rasulullah larang, selalu ada pesan cinta-Nya^^
Tinggal kita mau atau tidak untuk mencarinya. Salah satu kebaikan dari larangan Tabarruj baik itu
yang Naziya tangkap dan Naziya temukan, Allah itu baik banget dia tidak mau membuat kita kesakitan dan kesusahan dengan cara harus kerik alis lah, mengikir gigi yang pastinya bikin ngilu, suntik biar putih lah dan sebagainya. Lagi pula dengan cara kita pake ini itu, banyak hal yang bisa membahayakan kesehatan. 

Yuk belajar buat bersyukur^^
Cantik yang utama itu dihadapan Allah dulu, dihadapan makhluk mah nanti juga nyusul hehe
Yang hari ini putih mulus, yang hari ini giginya rapih, yang hari ini rambutnya hitam legam kinclong wkwkwk pada akhirnya akan menua dan tak lagi sepeti dulu. Pada akhirnya kualitas kecantikan di hadapan-Nya lah yang abadi^^






NO TABARRUJ 2

TABARRUJ MODERN

Assalamualaikum gusy^^
Semoga kabar temen-temen pada sehat. Minta doanya juga moga-moga Naziya cepet sembuh dan bisa beraktivitas seperti semula aamiin. Naziya lagi ndas dus aja nih efek bawa motor jarak jauh, jadi bekas jatoh zaman heubeul kerasa lagi. Nah buat temen-temen yang suka kebat kibut di motor saran Naziya sih kalemin aja yang penting sampe dengan selamat. Naziya juga nyesel dulu suka kibat kibut hehe pas kecelakaan sampe sekarang masih suka kerasa padahal udah 3 th yang lalu kejadiannya wkwkwk.

Naziya bukan mau bikin cerpen tentang "Efek kibat kibut" tapi lanjutin yang kemaren nih tentang tabarruj. Point kedua yang pengen Naziya share itu mengenai MENCABUT/MENCUKUR BULU ALIS.


Hukum mencukur Alis dalam Islam
Zaman now banyak banget suguhan-suguhan yang aneh, salah satu yang aneh itu adalah yang berhubungan sama makeup alis. Alis yang udah segitu indahnya malah tren bangen ditipisin bahkan dicetak dan hasilnya kalo menurut Naziya malah jadi aneh haha.
Efek zaman yang amkin riweuh, banyak orang yang cuman ikut-ikutan tren tanpa tau gimana sih hukumnya menurut agama?

Ok guys, gini nih pendapat islam mengenai cukur/ mencabut alis.
Namsh adalah mencabut bulu alis, hukumnya adalah haram. Baik bagi wanita bersuami maupun tidak. Imam Ibnu Hajar mengutip perkataan Ath-Thabari,
"Wanita tidak boleh mengubah setiap bentuk tubuh yang telah diciptakan Allah untuknya, baik dengan menambah maupun mengurangi, baik wanita bersuami maupun belum. Misalnya wanita yang kedua alisnya bersambung menjadi satu kemudian bagian tengahnya dihilangkan untuk memisahkan kedua alisnya itu dengan tujuan supaya kelihatan cantik, atau sebaliknya." (Fathul Bari X/377).
Nah guys jadi mencukur alis itu nggak boleh ya, selain memang haram, sebenarnya dengan kita mencukur alis itu sama aja kaya kita tuh nggak bersyukur atas apa yang Allah kasih. Buktinya kamu malah nggak pede dengan alis yang kaya gitu. Kuy ah belajar buat bersyukur^^

Catatan hari ini
  • Tingkatkan kesyukuran kita
  • Jangan jadi "penipu" (menipu melalui bentuk tubuh)
  • And always Naziya ngajak supaya tetep istiqomah buat dapetin ridho-Nya


NO TABARRUJ 1

Tabarruj Modern

"Tabarruj adalah menampakan perhiasan dan segala yang dapat mengundang syahwat laki-laki."
Az-Zajjaj Abu Ishaq Ibrahim bin As-Sirri rahimmahullahu

Allah berfirman dalam surat Al-Ahzab ayat 33
"Dan hendaklah kalian (istri-istri para nabi) menetap di rumah-rumah kalian dan janganlah kalian bertabarruj (sering keluar rumah dengan berhias dan bertingkah laku) seperti (kebiasaan) wanita-wanita Jahiliyah yang dahulu"

Makeup dan Parfum

Hari ini Naziya mau share tentang tabarruj yang pertama, yaiyu Makeup dan Parfum
Makeup dan Parfum adalah seperangkat alat yang wajib digunakan wanita sebelum kemana-kemana ya kan? kita cenderung ngerasa nggak pede kalo keluar dengan wajah hinyai dan nggak wangi. So, berlomba-lombalah kaum hawa ini membeli makeup dan parfum agar tampil lebih pedean^^
Padahal dengan cara itu justru lelaki bisa terfitnah. Loh kok bisa? Bisa dong, kebayang kan kalo lewat tempat umum... wangi dari tubuh kita pasti menyedot perhatian dan karena hal inilah tak jarang lelaki masih berani menggoda meskipun kita sudah berpakaian syar'i sekalipun. Nah ini nih yang udah masuk ke golongan tabarruj.

"Seorang Perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pelacur." (HR An-Nasa'i, Abu Daud, Tirmidzi dan Ahmad)

Tapi kalau berdandan untuk suami? 
Kalau yang ini tentu saja boleh bahkan wajib banget guys^^
Tapi inget jangan sampe berlebihan juga, karena bisa menyebabkan beberapa hal diantaranya
  • Menghabiskan banyak waktu. Karena saking banyaknya yang dipake jadi waktu kita habis buat naplok wajah sampe-sampe menghalangi kita buat hal-hal wajib. Misalnya udah waktunya shalat tapi kita ngerasa sayang kalo sampe makeup kita kena air, secara mahiiiilnya luar biasa.
  • Menghamburkan uang
  • Ancaman penyakit untuk kulit

Ok guys itulah seutar tabarruj yang pertama. Besok insyaAllah kita lanjutkan dengan point kedua^^
Semoga bermanfaat and keep istiqomah^^

Guru Sebagai Sahabat Siswa


Guru Sebagai Orang Dekat

Berangkat dari sebuah pengalaman, tentu kita pernah melewati masa penuh warna. Masa di mana setiap langkah dan lembaran kisah selalu bersama dengan keceriaan. Dan masa itu adalah masa yang tak pernah bisa ku lukiskan keindahannya meski dengan goresan tinta sekalipun. Masa itu adalah masa Sekolah Dasar. Dan dari sinilah aku membangun mimpi untuk bisa melukiskan warna yang sama bahkan jauh lebih indah untuk generasi mendatang.
            Di masa lalu, aku tak mendapatkan satu warna, lantaran sifat cuek seorang guru. Mereka hanya memberikan materi kemudian memberi nilai dengan angka, hanya itu. Begitulah yang kulihat dan ku alami. Mereka melupakan satu warna terpenting, yaitu warna “sahabat”. Maka berangkat dari rasa ketidak sempurnaan itu, hari ini aku sebagai calon pendidik, bertekad suatu saat warna yang tak pernah aku dapatkan akan aku lukiskan pada mereka anak didik ku. Mengapa aku memilih warna “sahabat”.  Karena aku ingin anak-anak merasa nyaman dengan ku, nyaman belajar, nyaman bercerita (curhat) dan bermain. Semua itu dilakukan tentunya dengan cara aku masuk ke dunia mereka bukan memaksakan mereka masuk ke dunia ku sebagai seorang guru.

Baca Juga
Merayu Allah -  Membaca Pesan Cinta-Nya
Mendahului Takdir Allah

            Aku ingin mereka senang bersamaku. Haqqul yakin kalau kita sudah berhasil “merebut” hati mereka, apapun yang kita berikan insyaAllah mereka paham dan ngena ke hati, entah itu materi pelajaran ataupun nasihat-nasihat untuk membentuk akhlak mereka.

Mendahului Takdir Allah

Takdir Yang Ditetapkan Allah

Wisata Karang Resik Tasikmalaya

Sibuk, hmm lebih tepatnya mungkin so sibuk^^
Ya, Naziya akhir-akhir ini lagi so sibuk sampe-sampe skripsi belum tersentuh sedikitpun. Mulai dari kasus penghianatan sahabat sendiri, sampe digalaukan dengan kondisi lanjut beresin skripsi atau menerima tawaran di sukabumi. Ups malah curhat deh wkwkwk

Disela-sela keriweuhan yang kadang gak selesai sampe tengah malam, Naziya dikagetkan dengan seseorang yang sedang jatuh cinta. Hrrr kalo udah berhubungan sama yang satu ini mah suka seneng ngasih solusi ataupun cuman jadi pendengar setia. Akhwat yang cerita lagi jatuh cinta itu adalah akhwat yang masyaAllah ketaatannya, bahkan seumur-umur Naziya kenal sama dia, dia nggak pernah yang namanya suka ke ikhwan (laki-laki).

Tapi suatu malam dia bilang dia menyukai seorang lelaki, tapi berlatar belakang jauh dari kata Islami. Bahkan bisa dibilang lelaki itu brandalan kelas kakap. Lelaki itu mengakui perasaannya pada temen Naziya itu, si lelaki memintanya untuk menunggu hingga 2020. Karena lelaki itu ingin belajar agama dulu dengan bener, dan juga nyari pekerjaan tetap. Ya katakanlah nunggu dia sukses. Dan yang paling mengejutkan temen Naziya malah mengiyakan untuk menunggu.

"Ziya aku mengiyakan untuk menunggunya hingga tahun 2020. Aku yakin kok dia akan berubah menjadi lelaki yang baik dan jadi imam buat aku." Ucap temen Ziya


"Menunggunya? Sudah yakinkah dia benar-benar takdir dari Allah untuk menjadi imammu? Keyakinan itu datang dari mana? Apakah selama menunggu ada jaminan hati kita akan bersih dari “rasa” itu? Memang tidak ada yang tahu bagaimana rencana Allah untuk kita, mungkin iya dia menepati janjinya itu, tapi kita juga harus berfikir bisa saja setelah bertahun-tahun menunggu dia tidak datang karena bukan takdir dari-Nya. Di saat itu, sanggup tidak untuk melepaskan seseorang yang sudah lama kita tunggu?" Jawabku dengan emosi padanya.

"Dulu aku juga pernah dalam situasi sepertimu, tapi setelah meminta waktu untuk curhat kepada Allah jawaban ku seperti ini : “Maaf, tapi saya tidak mau mendahului takdir Allah, kalau saya mengiyakan untuk menunggumu, berarti hati saya sudah tidak utuh lagi untuk dipersembahkan kepada yang hak nya (calon imam takdir dari-Nya), saya hanya ingin mempersembahkan hati ini untuknya. Jika memang takdir dari Allah itu kamu, yaa Alhamdulillah, tapi setidaknya kita bisa menjaga hati ini sebelum waktunya tiba.”
            
"Saat itu, aku juga suka dengan laki-laki yang menyuruh ku untuk menunggu, tapi aku lebih memilih untuk tidak mengeluarkan kata IYA untuk menunggu, karena aku tidak sanggup kalau nanti setelah menunggu bertahun-tahun ternyata dia gak dateng karena tidak ditakdirkan Allah."

Setelah menjelaskan itu pada temen Naziya, dia menangis menyesali keputusannya. Tapi juga bingung bagaimana menghentikan itu semua sedangkan baru beberapa jam saja dia mengatakan IYA kepada lelaki itu, masa iya dia haru memutuskannya sekarang juga.

“Aku sarankan sekarang juga cabut katatamu untuk menunggunya. Awali dengan minta maaf, jelaskan padanya seperti apa yang kamu yakini. Kalau dia mengerti dan faham apa yang Allah suka pasti dia tidak akan marah ataupun benci, tapi kalau sebaliknya berarti Allah telah tunjukan dia laki-laki seperti apa. Lebih baik tidak dimarahi dan dibenci Allah dari pada makhluk.”

Ibroh yang bisa diambil dari kejadian ini adalah 
  • Special untuk para akhwat kita jangan pernah mendahului takdir-Nya. Langsung memutuskan sesuatu yang sebenarnya sudah pasti dijamin oleh Allah kedatangannya. Jangan bermain-main dengan perasaanmu sendiri dengan memutuskan untuk menanti seseorang bahkan dengan jangka waktu yang telah ditetapkan sekalipun. Ingatlah kita adalah makhluk perasa yang bila sudah memilih akan cenderung memiliki kesetiaan penuh. Jangan sampai kita menanti seseorang yang belum pasti dan mengabaikan sosok yang sudah pasti.
  • Untuk Ikhwan jangan memberikan pengharapan pada akhwat dengan apapun alasannya. Jika memang mencintainya maka menikahlah tanpa kata tapi. Tapi belum baik? kamu bisa berproses bersamanya ketika sudah halal. Tapi belum mapan? kamu bisa berjuang bersamanya setelah menikah bukan? Justru dengan hal itulah dg kehidupan pernikahan yang nano-nano yang akan bikin hari kamu lebih berwarna, memiliki cerita unik, dan kamu bisa melihat betapa wanita yang kamu pilih adalah sosok yang tepat.

Sekian edisi curhat dari Naziya. Moga-moga bermanfaat, inget JANGAN MENDAHULUI TAKDIR NYA^^

Susah Bangun Subuh

Tips Bangun Subuh Tepat Waktu


Kiat Bangun Subuh

Apakah kamu pernah pengen banget bangun subuh tepat waktu? Tapi susahnya minta ampun. Padahal udah pasang alarm keceng-keceng. Tapi pas udah kedengeran tetot tetot bunyi alarm malah buka mata, ambil hp matiin alarmnya. 

Susahnya bangun subuh emang penyakit kebanyakan orang yang paling sulit dibasmi. Hawa pagi yang dingin dan masih hening-heningnya emang cocok banget buat tidur lagi daaann lagi. But sebagai seorang muslim kita nggak boleh loh kesiangan shalat subuh. kalo sampe kesiangan.

Allah Berfirman dalam QS Al-Isra' ayat 78

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا



Artinya ” Dirikanlah salat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (dirikanlah pula salat) subuh. Sungguh salat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” 

Dari firman allah SWT diatas, bisa kita rasakan keagungan yang allah SWT berikan untuk waktu subuh itu sendiri. Keagungan yang tersirat pada firman Allah diatas adalah disaksikan oleh para malaikat.

Shalat subuh itu penting banget karena ini awal dari aktivitas kita, menentukan bagaimana semangat kita dalam menjalankan ativitas nanti seharian. Ok berikut tips supaya bisa bangun subuh tepat waktu.

  • Niatkan bangun subuh karena Allah
  • Tidur lebih awal
  • Jangan makan terlalu banyak
  • Pasang alarm dan jauhkan dari tempat tidur. Jadi kalaupun nanti mau matiin alarm kamu harus bangun dan jalan dulu untuk matiin^^
  • Suruh mamah buat bangunin. Ini dia alarm yang paling manjur sebenernya hehe karena kalo kamu narik selimut lagi, dia bakal ngomelin kamu sampe kamu beneran bangun
Selamat mencoba^^
This entry was posted in

Janji Menurut Islam

Untuk Hati yang Sedang Terluka Karena Sebuah Janji

Menepati Janji

Bukankah kamu tau 
Bahwa janji-Nya lah yang pasti
Lantas mengapa menggantung harap padanya?
Bukan pada-Nya?

Sadarlah wahai hati
Manusia bisa ingkar janji
Berubah sesuka hati
Meski ia tahu 
Bagaimana konsekuensi di akhirat nanti


Allah berfirman,
"Dan penuhilah janji; sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungan jawabnya (SQ. Al-Isra’: 34)"

Baca Juga :
Kids Zaman Now - Yuk Hijrah
Derita Ghouta Milik Siapa?

Penghalang Tahajud

Penyebab Susah Bangun Tahajud


Cara Agar Bisa Bangun Shalat Tahajud


Shalat tahajud. Shalat yang memiliki kemuliaan, salah satunya

“Jibril berpesan, ‘Hai Muhammad, kemuliaan seorang Mukmin terletak pada shalat malam dan kehormatannya adalah pada saat ia tak lagi bergantung pada manusia’,” (HR. Thabrani dan dinilai hasan oleh Syaikh al-Albâni dalam silsilah ahâdîtsis shahîhah, no. 831)


Namun walaupun kita sudah mengetahui kemuliaanya, terkadang kita sulit untuk mengerjakan shalat tahajud. Padahal kita dalam keadaan sehat, tidur lebih awal, memasang alarm dan sudah meniatkan diri untuk shalat, tapi tetap saja mata masih suka sepet hingga akhirnya tertidur kembali. Lalu kenapa ini bisa terjadi ?


Seorang lelaki berkata kepada Hasan al-Bashri , “Sesungguhnya aku tidur dalam keadaan sehat, aku sangat ingin bangun melaksanakan shalat malam dan telah ku persiapkan air untuk bersuci, namun mengapa aku tetap tidak bisa bangun (disepertiga malam terakhir)?” 



Beliau menjawab, “Engkau telah dibelenggu oleh dosa-dosamu.”


Nah, mungkin saat ini kita susah banget buat shalat malem karena dosa-dosa kita. So..., yuk sebelum tidur kita senantiasa bermuhasabah diri, mengistigfari apa yang terlah kita lakukan. Bukan hanya sekedar beristigfar saja tapi sembari dibayangkan perbuatan apa yang kita lakukan hingga nanti istigfarnya adalah istigfar yang berkualitas. Kalau memungkinkan, jika dosanya kepada seseorang yang kita kenal segeralah meminta maaf. Via sms atau apapun itu. Setelah itu benar-benar mohon sama Allah supaya nanti dibangunin pas waktunya tahajud.


ok guys mungkin itu yang bisa Naziya share hari ini. Semoga bermanfaat. Syukron^^

Derita Ghouta Milik Siapa?

Derita Ghouta Milik Siapa?

by Dedeh

Ghouta


Melihat tapi buta
Mendengar tapi tuli
Mengaku punya hati, namun ia mati
Merasa aman, namun dalam ancaman


Ghouta, milik siapa?
Milik rezim tirani, keji tak bertepi?
Milik si pengadu domba yang berkuasa?
Atau hanya milik purnama yang dicintai rakyatnya?


Barang kali kita lupa 
Menjadi keluarga hanya dengan sesama bangsa
Menjadi kolega hanya karena satu bahasa
Menjadi kawan hanya karena satu agama


Mungkin kita sengaja lupa
Ada harta yang menjadi bagian mereka
Ada hati yang rindu dengan doa-doa
Lalu ghouta, deritanya milik siapa?

Baca Juga
Kesombongan
Merayu Allah - Membaca Pesan Cinta-Nya
Tips Menjemput Jodoh
This entry was posted in

Filosofi Kopi dalam kehidupan

Aku, Kamu dan Segelas Kopi


Untuk sebagian orang waktu itu seperti nafas yang tidak akan pernah bisa kembali. Sehingga setiap detiknya akan dia isi dengan berbagai kesibukan. oleh karenanya kesibukan kini menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan dalam hidup. Bagaimanapun bentuk kesibukan itu, terpenting adalah cara kita memandangnya. Melihat bahwasannya waktu bukanlah "sesuatu yang harus dihabiskan" melaikan "sesuatu yang harus dimanfaatkan," seperti segelas kopi.


filosofi kopi



Menikmati segelas kopi pagi ini dengan Lilis memberikan sedikit inpsirasi untuk merangkai kata demi kata. Seperti biasa kita  berbicara tentang cinta dan pengembangan saham. Dan benar, bahwa tulisan ini bukanlah artikel mengenai cara membuat kopi yang mantap hehe

Baca Juga :


Melihat segelas kopi, seolah melihat bagaimana proses kehidupan. Ada pesan cinta yang bisa aku petik yaitu Nikmatanya kopi berasal bukan hanya dari kopi itu saja, tetapi juga dari gula dan air panas yang dicampurkan. Tentunya bila hanya kopi saja, rasanya akan pahit bukan? Atau mungkin jika hanya ditambahkan air saja, rasanyapun akan tetap kurang mantap. Tapi cerinya jadi berbeda ketika kopi, gula dan air itu bersatu. Rasanya jadi sangat nikmat. Nah...begitu pun kehidupan. Makin banyak campuran yang mengisi kehidupan kita, banyak ragamnya makin indah dirasa.


Begitulah sahabat...
Sejatinya apapun yang ada dihadapan kita, terasa atau bahkan hanya terlihat sekilas, pasti ada pesan cinta yang tengah Dia sampaikan kepada kita. Selamat mencari pesan cinta-Nya^^
Keep Hamasah!

Cara Praktis menghafal Al-Quran

Cara Menghafal Al-Qur'an Yang Efektif


Menjadi seorang penghafal Al-Qur'an adalah keinginan setiap muslim. Bagaimana tidak? Al-Qur'an merupakan kitab suci kita (umat Islam) yang tentunya segala kehidupan kita diatur di sana dengan komplit. Al-Qur'an itu ibaratkan sebuah peta perjalanan, bila kita membacanya kemudian melakukan apapun sesuai dengan petujuk di peta tersebut, maka kita akan sampai pada tujuan dengan selamat. Sebaliknya jika membacanya saja sudah enggan otomatis siap-siap saja untuk tersesat bahkan mati konyol diperjalanan wkwkwk

Al-Quran memang sangat menakjubkan, salah satunya terbukti bahwa ayat Al-Quran tidak ada satupun yang bertentangan dengan ilmu pengetahuan. Banyak kajian  ilmiah yang dilakukan oleh orang muslim maupun non-muslim, dan hasilnya menunjukan bahwa Al-Quran sangatlah sempurna. Salah satunya adalah tentang perkembangan janin. Ternyata dalam Al-Quran udah duluan dibahas loh dalam Alquran surat al-Mu'minun ayat 12-14.

''Dan, sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian, Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian, air mani itu Kami jadikan segumpal darah. Lalu, segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang. Lalu, tulang belulang itu Kami bungkus daging. Kemudian, Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain ...."

Melihat bukti kebenaran-kebenaran tersebut, semakin banyak saja orang-orang yang tersadar akan kebenaran Al-Quran. Sehingga keinginan untuk menghafal Al-Quran pun semakin bertambah. Apalagi Allah telah menjanjikan kemuliaan bagi orang-orang yang senantiasa menghafalkan Al-Quran.


“Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri daripada manusia…” Kemudian Anas berkata lagi, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?” Baginda manjawab, “yaitu ahli Qu’ran (orang yang membaca atau menghafal Qur’an dan mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.” (HR. Ahmad).

Namun terkadang semakin tinggi keinginan kita untuk menghafal Al-Quran, semakin banyak pula godaan yang menerpa^^ Salah satunya itu, sudah berjuang menghafal tapi tidak hafal-hafal. Atau... sekarang ingat besoknya udah lupa lagi hehe... 

Berikut Naziya kasih tips menghafal Al-Quran, dan semoga memperudah untuk kita menghafal serta bisa mempertahankan hafalan kita.
  • Niatkan menghafal karena Allah dan hanya untuk Allah. Ini sangat penting guys... ingat innamal a'malu bin niayah (sesungguhnya amal itu tergantung pada niat). Ketika niat kita focus karena Allah maka prosesnya akan Allah permudah. Tapi jika niatnya sudah melenceng, misalkan supaya dapet pujian, bayaran yang besar dan bahkan hanya untuk mendapatkan ketenaran maka prosesnya akan terasa sulit. Dan diperjalanan pasti kita akan lebih sering menggerutu ketika kita nggak hafal-hafal. Beda kalo yang awalnya memang murni untuk Allah, sesulit apapu nanti tantangan didepan dalam menghafal, kita akan tetap istiqomah dalam menghafal,
  • Konsisten dengan yang sedikit. Memiliki targetan cepet dapat hafalan banyak memang bagus, tapi lebih baik sedikit tapi konsisten. Cukup 3 ayat saja setiap hari. Caranya setiap habis shalat kita wajib membaca 3 ayat itu sebanyak 20x. 
  • Ganti nyanyian kita dengan nyanyian menggunakan ayat Al-Quran yang sedang kita hafal. Kita sering kan nyanyi-nyanyi nggak jelas? nah sekarang kuy mulailah ganti nyanyian itu dengan hafalan kita^^
Mungkin itu yang bisa Naziya bagikan ke temen-temen. Semoga bermanfaat dan bisa sedikit membantu temen-temen yang pengen menghafal dan mengistiqomahkan diri untuk menghafal^^
Keep Hamasah^^

Tips Menjemput Jodoh

Tips Menjemput Jodoh Impian


Jodoh,
Setiap orang memiliki alur ceritanya sendiri tentang jodoh.
Ada yang berakhir dengan teman masa kecilnya, orang yang hanya dikenalnya selewat atau bahasa kerennya "pemain figuran" hehe, Ada pula yang bersanding dengan seseorang yang belum pernah dikenalnya sama sekali bahkan fenomena "teman tapi menikah" pun bisa saja terjadi wkwkwk

Seperti halnya kematian, jodoh itu... sudah dijamin dengan siap-siapanya, berasal dari mana, dan waktu ketemunya juga sudah ditentukan. Jodoh itu unik, bikin penasaran dan selalu jadi trending topik disetiap kalangan.


Jodoh emang udah dijamin sama Allah, tapi hati yang sudah lama menanti atau mungkin usia yang sudah mulai menua bikin kita para jomblo-jomblo fisabilillah kegerahan pengen cepet-cepet ketemu jodoh. Aduuuuh please deh hahaha. Buru-buru alias gurung gusuh itu nggak baik. Tapi menunda-nunda pun nggak ok juga, kalo udah siap, mampu dan ada calonnya mah langsung KUA^^


Tips menjemput jodoh ala-ala Naziya^^
Niatkan diri menikah karena Allah. 
Ingeeet karena Allah ya, bukan karena kebaperan liat temen udah pada nikah. bukan pula karena pengen mesra-mersaan (pacaran halal), bukan pula karena udah siap dibahagiain. Iget ya gusy, menikah itu bukan hanya siap dibahagiakan tapi  juga membahagiakan dan tentunya siap bertahan meski diguncang badai-badai kenaikan kelas "ujian" ^^

Pantaskan diri dihadapan Allah
Yang kedua ini juga merupakan point paling... paling penting. Jangan sampe cuman sibuk mempercantik diri aja guys. Percantik yang utama itu ruhaninya. Karena kecantikan rupa akan memudar seiring bertambahnya usia, tapi kalau keshalihan insyaAllah menawan meski kita udah ubanan dan keriput^^

Menambah ilmu tentang pernikahan
Nikah itu... ibadah paling lama. So, butuh persiapan khusus untuk hal itu. maka perbanyaklah ilmu untuk mengarungi kehidupan berumah tangga. Bisa lewat liqo, seminar pra nikah, baca buku, sharing sama orang yang udah nikah dan lain-lain

Ikhtiar maksimal
Tapi jodohnya belum ada juga? hmmmm 
ok, dalam masa pelaksanaan point 1-3 kita pun harus mengusahakan point ke 4. Caranya? bilang sama orang tua bahwa kita sudah siap nikah, minta dicarikan calon sama mereka. Bisa juga mengajukan proposal ta'aruf ke murobbi masing-masing, dan cara-cara syar'i lainnya.

Kalau belum dapet juga gimana? Tetep sabar ya, boleh jadi Allah tengah mempersiapkan jodoh kita. Dia mungkin sedang mendidik calon suami/istri kita agar menjadi pendamping yang baik untuk kita kelak.

So...,
mungkin itu sedikit tips dari Naziya. Yuk pantaskan diri di hadapan-Nya. Rayu terus Allah nya biar jalan menjemputsi dia dipermudah. 


#Keepistiqomah

Merayu Allah - Membaca Pesan Cinta-Nya


Ujian, setiap orang yang pernah duduk dibangsu sekolah pasti pernah merasakan masa-masa seperti itu. Ujian dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kita, jika bisa melewatinya maka kita pun bisa naik kelas.

Begitu juga di universitas kehidupan, tentu ada ujiannya. Dan apabila kita bisa melewati itu kitapun akan naik kelas, entah itu bentuknya lebih kepada pribadi yang semakin sabar, mantap, mandiri dan sebagainya. Namun terkadang dalam ujian yang satu ini manusia sulit untuk mencapai kelulusannya. Padahal kuncinya hanya satu, Just Focus on Allah

Ingatlah,
Bahwa yang menghadirkan ujian itu adalah Allah.
Dibalik ujian itu, Allah sebenarnya ingin menyampaikan sesuatu kepada kita. Dan sesuatu itulah yang harus kita temukan.
focus pada Allah


Misalnya saja, Allah hadirkan adik yang rewel pada kita. Kalau kita focus sama kerewelannya, bisa jadi tangan dan mulut kita akan bergerak untuk mencubit atau bahkan memarahinya. Tapi kalau kita langsung focus ke Allah kita akan mencari “Apa maksud Allah membuat adik kita rewel?” boleh jadi Allah sedang mengajari kita tentang sabar lewat adik kita tersebut. Dan ingatlah selama kita belum sabar, dijamin adik kita pasti akan terus rewel^^

Baca Juga
Cara Praktis Menghafal Al-Quran
Mendahului Takdir Allah
Luruskan Dan Perbaharui Niat

Karena hakikatnya siapa yang membuat adik kita rewel?
Allah
Yang menggerakan adik kita? Bahkan semua makhluk?
Tentu Allah

Maka rayulah Allah, minta pertolongannya
Focuslah sama Allah, bukan focus sama masalahnya
Focuslah untuk membaca pesan cinta-Nya
Cari tahu, Allah itu sedang menginginkan kita untuk berbuat apa?
Allah sedang menginginkan apa dari kita?

quotes 
Merayu Allah dengan membaca pesan cinta-Nya

Kesombongan

Kesombongan

manusi tempat kesombongan


Ada keresahan
Ada keguncangan
Ada kehampaan
Ada kesunyian


Mata yang dianugrahkan untuk melihat keagungan-Mu
Kini hanya dijadikan sumber maksiat
Lidah yang dianugrahkan membumikan asma-Mu
Kini hanya dijadikan tempat sumpah serapah
Wajah sempurna yang Kau beri
kini dijadikan lautan kesombongan
Dan hati yang dianugrahkan untuk senantiasa bersyukur
Kini bak sungai yang keruh


Gelap..... 
Adakah penerang ?
Gelisah.... 
Akankah kutemukan ketenangan hati ?
Tuhan.... 
Masihkah Kau mau melihatku ?



This entry was posted in