Bekerja dapat menghapus dosa, Benarkah?

Buah Manis dari Kerja keras yakni, Diampuni Dosanya Bersumber dari Hadist Nabi- Kuy Hijrah

Kuyhijrah,- Bekerja .. setiap insan didunia ini yang diberi umur panjang pasti akan melewati fase ini, siap tidak siap, mampu ataupun tidak mampu fase bekerja pasti akan datang menghampiri. Dikarenakan bekerja merupakan salah satu bentuk kewajiban yang diemban manusia untuk memenuhi kebutuhan dirinya sendiri bahkan untuk keluarganya bahkan dalam islam WAJIB hukumnya seorang suami untuk memberikan penghidupan kepada anak dan istrinya.

Dalam kesempatan kali ini naziya akan sedikit berbagi informasi terkait Hadist nabi yang menjelaskan mengenai Hikmah dibalik lelahnya bekerja yakni dihapuskannya dosa.

Baca Juga:
Hukum Memberi Hadiah dalam Islam
Ciri Runtuhnya Generasi Muslim dimasa yang akan datang

Hadist Bekerja Keras - KuyHijrah

Dalam Hadits riwayat Ath-Thabrani, Rasul Muhammad SAW bersabda:

مَنْ اَمْسَى كَالًّا مِنْ عَمَلِ يَدَيْهِ اَمْسَى مَغْفُوْرًا لَهُ



 
yang artinya: “Barangsiapa yang di waktu sore merasa capek (lelah) lantaran pekerjaan kedua tangannya (mencari nafkah) maka di saat itu diampuni dosa baginya.” (HR. Thabrani)

Hadist Bekerja Dapat Menghapus Dosa
Bahkan lebih dari itu hikmah lain dari bekerja keras adalah dihapuskannya dosa, yang tidak bisa ditebus dengan pahala sholat, sedekah dan ibadah haji.

“Sesungguhnya di antara dosa yang tidak bisa ditebus dengan pahala shalat, sedekah atau haji, maka bisa ditebus dengan kesusah-payahan dalam mencari nafkah.”

Masya Allah sungguh besar ganjaran yang ALLAH beri untuk dia yang rela bekerja keras demi memberikan peghidupan kepada diri sendiri dan keluarganya^^


Dalam hadist lain Rasullulah Muhammad SAW berwasiat agar setiap mukmin yang beriman untuk tidak lagi tidur selepas shalat subuh agar umatnya tidak lalai dalam mencari rezki.

“Sesudah shalat Subuh maka janganlah kamu tidur sehingga kamu tidak lalai dalam mencari rezeki.”[HR. Ath-Thabrani]

HR. Ath-Thabrani dan Al-Bazzar: “Bangunlah di pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan.”


Baca Juga:
Kaki Juga Bagian Aurat - Kuyhijrah
Mari Meraih Cintanya ALLAH - Kuyhijrah

Pantas saja orang tua zaman dulu suka bilang jangan tidur lagi selepas subuh nanti rizkinya dipatuk ayam, secara ilmu orang tua dahulu tau jika waktu pagi hari adalah waktu yang barokah maka sangat rugi untuk orang yang tidak memanfaatkan waktu tersebut untuk mencari rizki dan beribadah kepada ALLAH SWT. Nah Mungkin cukup sekian informasi singkat dari naziya terkait hadist tentang bekerja keras, semoga bermanfaat.
This entry was posted in