Ingin Tahajud Tapi Khawatir Kesiangan? Ini Solusinya

Pengertian dan Keutamaan Melaksanakan Ibadah Sunnah Tahajud - Kuy Hijrah 

Tahajud - Merupakan rangkaian ibadah sunnah mu'akad yang dikerjakan di malam hari atau disepertiga malam, seperti yang kita tahu tidak semua orang bisa melaksanakan ibadah sunnah yang satu ini karena waktunya yang bertepatan dengan jam-jam nya nikmat tidur sehingga walaupun kita terbangun diwaktu tersebut belum tentu kita berbegas mengambil air wudhu dan melaksanakan shalat, mengapa? karena sungguh hanya orang orang yang ALLAH pilihlah yang sanggup melawan rasa dingin, rasa malas, dan rasa kantuk ketika akan melaksanakan shalat tahajud.

Bahkan untuk orang yang sudah berniat akan melaksanakan shalat tahajud sebelum tidurpun, pas bangun diwaktu istimewa tersebut belum tentu sanggup melawan rasa kantuk, terlebih jika hembusan lembut angin malam berbisik (ambilah selimut dan tidur kembali) pasti kita akan mengikuti arahan tersebut dan kembali tidur.

Tapi .. tidak untuk ia yang cinta kepada ALLAH yang rindu bertemu dengan Rasul, ia akan bergegas pergi berwudhu dan melaksanakan shalat karena sungguh untuk orang yang beriman puncak dari kebahagiaan terletak dalam shalat sesuai dengan hadist rasul yang berbunyi:

"Dan pucuk kebahagiaanku dijadikan terletak dalam shalat." (HR. Ahmad). 
 "Tidak ada suatu yang melebihi nikmat yang aku rasakan dalam hatiku melebihi shalat malam," [Tsabit Al Bunani]

Pengertian dan Keutamaan Melaksanakan Ibadah Sunnah Tahajud - Kuy Hijrah
Keutamaan Shalat Tahajud Menurut Al-Quran dan Hadist

Tips Trik Melaksanakan Shalat Tahajud Agar Tidak Kesiangan,- Kuy Hijrah 

Langkah sederhana agar kita mampu melaksanakan shalat sunnah tahajud adalah:
1. NIAT kita niatkan dulu dengan bulat untuk melaksanakan tahajud.
2. Tidak bergadang agar saat terbangun sudah tidak ada lagi rasa kantuk yang menyerang
3. Berwudhu sebelum Tidur, karena sungguh ada keutamaan yang luar biasa jika kita bersuci dulu sebelum tidur salah satunya adalah didoakan dan ditemani oleh malaikat sepanjang tidur, sesuai dengan hadist dari Abdullah bin Umar radliyallaahu ‘anhu, menjelaskan jika Rasulullah pernah bersabda:

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.'” (HR. Ibn Hibban 3/329. Syuaib Al-Arnauth mengatakan, Perawi hadis ini termasuk perawi kitab shahih. Hadis ini juga dinilai shahih oleh Al-Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/37)
4. Melaksanakan Shalat Witir jika kita khawatir kesiangan tahajud karena shalat yang disaksikan oleh para malaikat adalah shalat witir dan pastinya dengan melaksanakan shalat witir sebelum tidur akan membawa berkah dan malaikat akan mendoakan kebaikan untuk kita, hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang berbuyi:

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا حَفْصٌ وَأَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي سُفْيَانَ عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ خَافَ أَنْ لَا يَقُومَ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ فَلْيُوتِرْ أَوَّلَهُ وَمَنْ طَمِعَ أَنْ يَقُومَ آخِرَهُ فَلْيُوتِرْ آخِرَ اللَّيْلِ فَإِنَّ صَلَاةَ آخِرِ اللَّيْلِ مَشْهُودَةٌ وَذَلِكَ أَفْضَلُ و قَالَ أَبُو مُعَاوِيَةَ مَحْضُورَةٌ

Telah menceritakan kepada kami [Abu Bakr bin Abu Syaibah] telah menceritakan kepada kami [Hafsh] dan [Abu Mu’awiyah] dari [Al A’masy] dari [Abu Sufyan] dari [Jabir] ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, hendaklah ia melakukan witir di awal malam. Dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, hendaklah ia witir di akhir malam, karena shalat di akhir malam disaksikan (oleh para malaikat) dan hal itu adalah lebih afdlal (utama).” Abu Mu’awiyah berkata; “Mahdlurah (dihadiri oleh para malaikat).” (HR. Muslim)

Baca Juga: Tersenyumlah Karena tersenyum kepada sesama adalah shadaqah - kuyhijrah

5. Berdoa dan meminta kepada ALLAH agar dibangunkan dan dikuatkan untuk melaksanakan Shalat Tahajud karena sungguh tanpa adanya izin dan ridho dariNya kita tak akan mampu untuk melaksanakan shalat tersebut.

6. Pasang Alarm, yang ini juga tak kalah penting dan salah satu bentuk Ikhtiar maksimal kita agar bisa terbangun disepertiga malam.

Baca Juga:
Keutamaan Membaca Takbir dan Tasbih diperjalanan
Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi di hari jumat - Kuyhijrah

Dan sunguh beruntung dan berbahagialah ia yang melaksanakan shalat tahajud secara rutin karena kelak ia akan ditempatkan di tempat yang terpuji dan mulia di sisi ALLAH, Dalam Alquran Allah Berfirman:

"Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (Surah Al Isra:79).
This entry was posted in