Senyum Kepada Sesama Muslim adalah Shodaqoh

Tersenyumlah .. Karena tersenyum kepada sesama muslim adalah shadaqah - Kuy Hijrah

Hadist Keutamaan Tersenyum kepada sesama - Islam merupakan ajaran samawi yang mengatur seluruh aspek kehidupan umatnya sampai ke hal terkecil sekalipun ada panduan dan aturannya, salah satunya adalah dalam adab berperilaku kepada diri sendiri, orang lain dan kepada ALLAH selaku tuhan seluruh alam. Dalam islam disunnahkan untuk berlalu sopan santun dan memberikan senyuman kepada sesama karena dalam islam senyum adalah ibadah.

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu“

Tersenyumlah .. Karena tersenyum kepada sesama muslim adalah shadaqah - Kuy Hijrah
Hadist Keutamaan Tersenyum Dalam Islam

Masya ALLAH sungguh mulia agama ini sampai memperhatikan adab terhadap sesama untuk saling menghormati satu sama lain, bahkan dalam hal ini Rasulullah Muhammad SAW kerap mempraktekan dan mengamalkan hal ini dalam kehidupan sehari-harinya.

Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, dari Al-Husein Radliyallahu’anhu, cucu baginda Rasul Muhammad SAW menuturkan keluhuran budi pekerti beliau. Al-Husein berkata, ”Aku bertanya kepada Ayahku tentang adab dan etika Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa Sallam terhadap orang-orang yang bergaul dengan beliau. Ayahku menuturkan, ‘Beliau Shallahu ‘alaihi wa Sallam senantiasa tersenyum, berbudi pekerti lagi rendah hati, beliau bukanlah seorang yang kasar, tidak suka berteriak-teriak, bukan tukang cela, tidak suka mencela makanan yang tidak disukainya. Siapa saja mengharapkan pasti tidak akan kecewa dan siapa saja yang memenuhi undangannya pasti akan senantiasa puas…..” (Riwayat At-Tirmidzi)

Baca Juga:
Menghapus dosa Dengan Bekerja - KuyHijrah
Larangan Makan dan Minum Berdiri dalam Islam - Kuy Hijrah

Dengan mengamalkan hadist ini dalam kehidupan sehari-hari kita dapat menampilkan contoh yang baik dalam islam, kita bisa membuktikan dan menepis segala macam tuduhan buruk orang kafir yang ditujukan kepada islam yang menyebut islam itu agama teroris, agama radikal, barbar dan lain sebagainya. Dan semoga dengan berperilaku yang baik kita dapat menarik hati mereka yang membenci islam untuk mencari informasi islam lebih jauh lagi dan Alhamdullilah banget kalo sampe jadi mualaf ^^.  Aamiin
This entry was posted in