Keutamaan Shalat Berjamaah Di Mesjid Mendapat Cahaya Sempurna di Hari Kiamat

Keutamaan Melaksanakan Shalat 5 Waktu Berjamaah Di Mesjid Akan Mendapat Cahaya Sempurna di Hari Kiamat, Menurut Hadist - KuyHijrah

Sholat Berjamaah - Sholat 5 Waktu merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dikerjakan oleh setiap orang muslim baik lelaki ataupun wanita yang sudah baligh dan berakal sehat. Barang siapa yang melaksanakan sholat 5 waktu tanpa pernah ada yang terlewat setiap harinya maka jaminannya adalah syurga namun untuk ia yang melalaikan bahkan meninggalkan sholat maka adzab dan hukuman ALLAH yang akan menghampirinya.

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW dari ‘Ubadah bin ash-Shâmit Radhiyallahu anhu yang menyebutkan:

Lima shalat yang Allâh wajibkan atas hamba-Nya. Barangsiapa mengerjakannya dan tidak menyia-nyiakannya sedikit pun karena menganggap enteng, maka ia memiliki perjanjian dengan Allâh untuk memasukkan dia ke surga. Dan barangsiapa tidak mengerjakannya, maka dia tidak memiliki perjanjian dengan Allâh. Jika Allâh berkehendak, maka Dia mengadzabnya dan jika Dia berkehendak Dia mengampuninya.

Baca Juga:
Kenapa Takut Miskin sedangkan ALLAH maha kaya
Sayang Menyayangilah Agar kalian terhindar dari permusuhan

Namun tahukah sahabat jika ada keutamaan lain dalam mengerjakan sholat terlebih untuk mereka yang beriman yakni, untuk mereka yang mengerjakan sholat 5 waktu berjamaah di mesjid maka ia akan mendapat cahaya yang sempurna di hari akhir (kiamat) kelak.

Hal ini sesuai dengan hadist nabi yang diriwayatkan oleh Abu Daud no, 561 dan oleh Tirmidzi no 223. yang berbunyi "Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan didalam kegelapan menuju masjid-masjid, bahwa ia akan mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari kiamat".-[HR.Abu Daud No 561: Tirmidzi no 223].


Keutamaan Melaksanakan Shalat 5 Waktu Berjamaah Di Mesjid Akan Mendapat Cahaya Sempurna di Hari Kiamat, Menurut Hadist - KuyHijrah
Hadist Keutamaan Sholat Berjamaah

Baca Juga:

Semoga dengan melaksanakna sholat berjamaah di mesjid kita mendapat fadilah dari keutamaan menjalankan sholat berjamaah dimesjid Aamiin.
This entry was posted in

Ketika Dan Jatuh Cinta Part 1

Ketika Dan Jatuh Cinta Part 1 - Kuyhijrah.com

by Budeh

Related image
“Woii, ngelamun aja. Nanti kesambet loh”, 

Emir menepuk pundak sohib di sebelahnya, tetapi si sohib gak berkutik dari posenya yang duduk memeluk lutut dengan mata sipitnya menatap lurus ke depan.

“Lu lagi sakit ya, Dan? Sakit apa? Sakit gigi ya? Lu sih, kan gue sering bilang, sebelum tidur jangan lupa gosok gigi. Gak cuma wudlu doang. Kan wajah lu yang menenangkan siapapun yang melihatnya bakal lebih menenangakan lagi kalau lu senyum ke mereka dengan gigi putih, bersih nan sehat,” Emir nyerocos gak karuan. Tetep aja bikin sohibnya gak berubah pose and gak ngelirik dia sedikit pun.

Kini Emir meletakan punggung tangannya tepat di jidat Dan yang sedikit lebar.

“Lu juga gak lagi panas. Lu cerita dong, Dan. Biasanya kan lu gak bakal kehabisan petuah buat gue.” 

Sepersekian menit Dan menoleh pada Emir dengan tatapan matanya yang seperti biasa, menenangkan, 

“Aku hanya terpesona. Terpesona dengan kata-katanya yang indah. Membuat gundah gulana hilang seketika.”

“Lu lupa minum jamunya Mbok Darmi ya? Baca puisi kok pas mau waktu shalat gini,” Emir tambah ngaco.

“Ya udah. Hari ini gue yang azan ya,” 

Dan menjawab sambil melangkahkan kakinya masuk masjid. Yang diajak bicara cuma geleng-geleng kepala tanda nggak ngerti dengan apa yang terjadipada sohibnya. Beberapa jama’ah yang nggak lain adalah warga kampus mulai berdatangan. Emir pun melangkah menuju tempat wudlu. Ia nggak mau ketinggalan shalat berjama’ah cuma gara-gara wudlunya yang antre.

Bersambung......


Inilah Alasan Kenapa WC Harus selalu Bersih

Beberapa Alasan Kenapa WC Harus Selalu Bersih Dalam Islam - Kuy Hijrah

Kamar Mandi - Merupakan sebuah ruangan atau lokasi yang biasa digunakan oleh manusia untuk membersihkan diri (Mandi) atau membuang kotoran. Maka dari itu tidak heran jika kondisi WC (Jamban) identik dengan tempat yang kotor dan menjijikan.

Bahkan dalam suatu keterangan disebutkan jika karakteristik tempat kesukaan jin adalah tempat tempat yang kotor, lembab, dan yang banyak najisnya. Maka tidak heran jika ada hadist yang menyebutkan jika salah satu tempat tinggal bangsa jin dan setan yang telah ditetapkan oleh ALLAH adalah adalah Kamar mandi. Dalam hadist ini ALLAH dengan tegas berfirman jika "Tempat Tinggalmu (iblis) adalah WC".

Maka dari itu sudah sepatutnya kita selaku seorang muslim yang beriman untuk selalu menjaga kebersihan Kamar Mandi dengan tujuan agar golongan jin dan setan tidak betah lama-lama tinggal di kamar mandi rumah kita, karena pada hakekatnya setan hanya betah berlama lama ditempat yang kotor dan bernazis. Sooo Jangan biarkan dia tinggal di wc kita dengan nyaman. Minimal minimalnya secara rutin kita membersihkan kamar mandi sebelum tidur agar kamar mandi kita selalu terjaga kebersihannya.

Baca Juga:
Keutamaan Saling Sayang Menyayangi Dalam Islam
Keutamaan Shalat Dhuha Sebagai Penghapus Dosa dan Pembuka Rezki

Hadist Tempat Tinggal Setan di Jamban (Kamar Mandi)


"Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal," kata iblis. Allah SWT berfirman; "Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi atau jamban), (HR. Bukhari).

Dengan begini kita harus sadar dan faham betul, jika iblis kerap mengawasi kita dan selalu mencari celah lengah kita agar kita dapat terperosok dan jatuh dalam perangkapnya.



Doa Masuk Kamar Mandi (WC)

Manfaat membaca doa sebelum masuk kamar mandi adalah sebagai benteng pelindung kita dari segala macam godaan dan gangguan dari bangsa jin yang kerap mencari celah untuk mencelakakan manusia.

Beberapa Alasan Kenapa WC Harus Selalu Bersih Dalam Islam - Kuy Hijrah
Doa Masuk Kamar Mandi/WC/Jamban

Baca Juga:
Bekerja dapat menghapus dosa, Benarkah?
Puisi: Untukmu Suamiku Mengertilah ... Kuy Hijrah

Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat kepada kawan kuy hijrah semua, dan semoga kita senantiasa berada dalam lindungan ALLAH SWT aamiin Ya Allah Ya Robbal Alamin.
This entry was posted in

Saling Sayang Menyayangilah Kalian Agar Terhindar Dari Permusuhan

Hadist Saling Menyayangi Dalam Islam - Kuy Hijrah

Kasih Sayang Sesama Manusia - Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak mungkin dan pasti tidak akan pernah bisa hidup sendiri karena sudah menjadi kodratnya manusia saling membutuhkan satu sama lain. Maka sudah sepatutnya sesama manusia harus bisa menyayangi satu sama lain terlebih lagi jika ia adalah seorang muslim.

Seorang muslim yang baik ia harus bisa mencerminkan keagungan islam sesungguhnya bagaimanapun keadaannya,  Kenapa? karena di zaman now agama islam yang agung ini dianggap agama yang bar-bar, terbelakang, agama kekerasan, anti pancasila dan ejekan lainnya yang kerap kali di lontarkan oleh orang-orang kafir.

Oleh karenanya kita harus bisa membalikan keadaan, bukan dengan balik mengejek agama mereka namun cukup dengan mencerminkan keagungan agama ini salah satunya adalah dengan cara saling menyayangi satu sama lain tanpa melihat ras, agama, suku dan budaya walau sederhana namun kebaikan yang kita lakukan akan berdampak positif kedepannya.

Baca Juga:
Kenapa Takut Miskin Sedangkan Tuhanmu Maha Pemberi Rizki
Shalat Dhuha Sebagai Pembuka Pintu Rizki dan Penggugur Dosa - Kuy Hijrah

Terkait dengan hal ini jika melihat sabda nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh HR. Muslim yang berbunyi "Barang Siapa tidak menyayangi manusia, Maka ALLAH tidak akan menyayanginya".

Hadist diatas secara tidak langsung menganjurkan setiap muslim untuk saling menyayangi satu sama lain agar ALLAH tuhan semesta alam menyayangi kita, jika tidak maka ALLAH tidak akan pernah menyayanginya. Kebayang gimana jadinya jika kita tak di sayang ALLAH pasti merana hidup ini.

Ada hadist lain terkait saling menyayangi sesama manusia,-

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ :أَنَّ الْأَقْرَعَ بْنَ حَابِسٍ أَبْصَرَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُقَبِّلُ الْحَسَنَ فَقَالَ إِنَّ لِي عَشْرَةً مِنْ الْوَلَدِ مَا قَبَّلْتُ وَاحِدًا مِنْهُمْ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : (( إِنَّهُ مَنْ لَا يَرْحَمْ لَا يُرْحَمْ)) (رواه مسلم)

Darib Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu : ia berkata:Bahwa Aqra’ bin Habis pernah melihat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang mencium Hasan. Dia (Aqra’ bin Habis) lalu berkata: Sesungguhnya aku mempunyai sepuluh orang anak namun aku tidak pernah mencium satupun dari mereka. Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya barang siapa yang tidak menyayangi maka dia tidak akan disayangi “(HR.Muslim)
hadits tentang kasih sayang sesama manusia
cinta sesama manusia menurut islam

Keutamaan Memiliki Sikap Saling Menyayangi Kepada sesama Makhluk Hidup
Salah satu keutamaan dari menumbuhkan sifat berkasih sayang adalah dapat dihapuskannya dosa yang telah lalu, hadist ini sangat terkenal dan naziya yakin pasti temen-temen pernah mendengar atau membaca kisah seorang pelacur yang masuk surga karena memberi anjing minum ditengah gurun, hadist ini  Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu : ia berkata:

عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ امْرَأَةً بَغِيًّا رَأَتْ كَلْبًا فِي يَوْمٍ حَارٍّ يُطِيفُ بِبِئْرٍ قَدْ أَدْلَعَ لِسَانَهُ مِنْ الْعَطَشِ فَنَزَعَتْ لَهُ بِمُوقِهَا فَغُفِرَ لَه( رواه مسلم)

Dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa pada suatu hari yang sangat panas seorang wanita pelacur melihat seekor anjing sedang mengelilingi sebuah sumur sambil menjulurkan lidahnya karena kehausan. Ia kemudian melepas sepatu kulitnya (untuk mengambil air sumur yang akan diminumkan kepada anjing), lalu wanita itu diampuni dosanya (HR.Muslim)

Baca Juga:
Senyum Kepada Sesama Muslim Bernilai Shodaqoh
Ingin Tahajud Tapi Khawatir Kesiangan? Ini Solusinya

Masya ALLAH sungguh besar sekali manfaat berkasih sayang dalam islam, selain dapat mencerminkan islam sebagai agama kasih sayang, kita sebagai pelaku pun dapat terhapus dari segala macam dosa, dan semoga kita termasuk dalam kalangan orang yang berkasih sayang sesama mahluk aamiin ya ALLAH ya robbal alamin.
This entry was posted in

Kenapa Takut Miskin Sedangkan ada ALLAH sang pemberi rezki - Kuy Hijrah

Kenapa Takut Miskin Sedangkan Tuhanmu Maha Kaya? - Kuy Hijrah

Kemiskinan - Merupakan sesuatu hal yang ditakutkan oleh setiap insan didunia ini dikarenakan siapapun yang terjerumus dalam kondisi tersebut akan mendapat konsekwensi yang pahit yakni dipandang sebelah mata oleh orang pada umumnya dikarenakan Orang pada  zaman ini sangat realistis dan menilai apa yang ia lihat.

Dan tahukah sahabat jika imbas dari itu semua kini banyak orang-orang yang berlomba-lomba dalam mencari dunia bahkan ada yang menghalal kan segala cara. Ada yang saling sikut agar mendapatkan posisi tertinggi, ada yang korupsi, dan ada juga yang menghabiskan seluruh waktunya untuk mencari dunia padahal dunia itu hanya tempat persinggahan kita tak akan kekal hidup didunia ini, maka merugilah untuk ia yang mengejar dunia dan melupakan kehidupan di akhirat kelak.

“Barangsiapa yang menjadikan dunia ambisinya, niscaya Allah cerai-beraikan urusannya dan dijadikan kefakiran (kemiskinan) menghantui kedua matanya dan Allah tidak memberinya harta dunia kecuali apa yang telah ditetapkan untuknya.” (HR Ibnu Majah 4095)



Dan beruntunglah untuk ia yang senantiasa mengingat ALLAH, menyertakan ALLAH dalam setiap urusannya ia akan selalu mendapat lindungan dan jaminan ALLAH baik dalam kehidupan dunia ataupun kehidupan di akhirat kelak,hal ini sesuai dengan Firman ALLAH yang  berbunyi:

”Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS An-Nahl ayat 97)

Yakinlah kawan jika ALLAH akan selalu memberi setiap hambanya Rizki bahkan untuk seekor katak yang terjebak dalam sebuah batu besarpun ALLAH tetap memberinya rizki walau tidak ada sedikitpun jalan untuk katak tersebut makan, namun hal tersebut masih menjadi misteri dan sebagai salah satu pertanda jika ALLAH itu maha adil dan maha pemberi rizki sesuai dengan ayat al-quran yang berbunyi:

“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya,
dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya.
Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Al Lauh Al Mahfuz).” (QS. Huud: 6).

Baca Juga:
Senyum kepada sesama Muslim Shodaqoh
Shalat Dhuha Sebagai Pembuka Rizki dan Penggugur Dosa - Kuyhijrah

Amalan agar terhindar dari Kemiskinan - Kuyhijrah

Tahukah sahabat ada amalan sederhana yang dapat menghindarkan kita dari kemiskinan, yakni dengan membaca ayat pertama surah al-ikhlas, hal ini sesuai dengan sabda nabi yang diriwayatkan oleh Thabrani yang berbunyi:

"Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: “Barangsiapa membaca “Qul huw-Allahu Ahad” (surah Al-Iklash ayat pertama) ketika masuk ke dalam rumahnya, maka kefakiran (kemiskinan) bakal tertolak dari penghuni rumah tersebut dan kedua tetangganya.” (HR Thabrani)"

Baca Juga:
Bekerja dapat menghapus dosa, benarkah? ini jawabannya
Ingin Tahajud Tapi Takut Kesingan Ini Solusinya - Kuyhijrah

Semoga tulisan sederhana ini dapat sedikit membuka kenyakinan pada diri khususunya untuk penulis untuk selalu yakin jika ALLAH itu baik dan Maha Baik, ia tak akan pernah meninggalkan ummatnya yang taat dan yang percaya akan firmannya.
This entry was posted in

Shalat Dhuha sebagai Pembuka Rezeki dan Penggugur Dosa

Manfaat dan Keutamaan Shalat Dhuha Bagi Seorang Muslim yang Taat - Kuyhijrah

Dhuha - Merupakan salah satu ibadah sunnah yang biasa dilaksanakan pada pagi hari mulai dari jam 8 sampai jam 11 siang. Shalat dhuha ada juga yang menyebutnya dengan sebutan shalat awabin kata lain dari kata orang yang taat.

Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Awwab adalah muthii’ (orang yang taat). Ada pula ulama yang mengatakan bahwa maknanya adalah orang yang kembali taat” (Syarh Shahih Muslim, 6: 30).

Dengan melaksanakan shalat dhuha dosa kita sebanyak buih dilautanpun dapat terampuni hal ini merujuk pada hadist nabi yang dirirawatkan oleh [HR. Tirmidzi] yang berbunyi: "Barang siapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupu sebanyak buih dilautan"

Hadist Nabi Fadilah Sholat Dhuha Sebagai Penggugur dosa

Selain diampuni dari segala macam dosa melaksanakan sholat dhuha juga memiliki fadilah lainnya yakni sebagai pembuka pintu rezki sesuai dengan hadist nabi yang diriwayatkan oleh Tirmidzi. yang berbunyi "Allah Ta'ala berfirman: Wahai anak adam, janganlah engkau tinggalkan empat rakaat shalat di awal siang (di waktu dhuha). Maka itu akan mencukupimu diakhir siang."

Manfaat Sholat Dhuha Sebagai Pembuka Rezki 

Selain itu, Allah juga berjanji untuk orang yang rutin menjalankan ibadah shalat Dhuha akan dicukupkan apa yang menjadi kebutuhannya, setidaknya untuk kebutuhan disore atau diakhir hari.  Janji Allah tersebut bisa ditemukan dalam sebuah hadist qudsi Rasulullah saw. Yang bunyinya :

“Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla berfirman: “Wahai anak Adam, cukuplaah bagi-Ku empat rekaat di awal hari, maka Aku akan mencukupimu disore harimu”
Maka dengan begitu akankah kita melalaikan ibadah sunnah yang memiliki berjuta manfaat ini? admin harap tidak :) dan semoga kita menjadi salah satu orang yang taat seperti yang sudah Allah dan Rasul sebutkan aamiin.
This entry was posted in