Shalat Dhuha sebagai Pembuka Rezeki dan Penggugur Dosa

Manfaat dan Keutamaan Shalat Dhuha Bagi Seorang Muslim yang Taat - Kuyhijrah

Dhuha - Merupakan salah satu ibadah sunnah yang biasa dilaksanakan pada pagi hari mulai dari jam 8 sampai jam 11 siang. Shalat dhuha ada juga yang menyebutnya dengan sebutan shalat awabin kata lain dari kata orang yang taat.

Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Awwab adalah muthii’ (orang yang taat). Ada pula ulama yang mengatakan bahwa maknanya adalah orang yang kembali taat” (Syarh Shahih Muslim, 6: 30).

Dengan melaksanakan shalat dhuha dosa kita sebanyak buih dilautanpun dapat terampuni hal ini merujuk pada hadist nabi yang dirirawatkan oleh [HR. Tirmidzi] yang berbunyi: "Barang siapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupu sebanyak buih dilautan"

Hadist Nabi Fadilah Sholat Dhuha Sebagai Penggugur dosa

Selain diampuni dari segala macam dosa melaksanakan sholat dhuha juga memiliki fadilah lainnya yakni sebagai pembuka pintu rezki sesuai dengan hadist nabi yang diriwayatkan oleh Tirmidzi. yang berbunyi "Allah Ta'ala berfirman: Wahai anak adam, janganlah engkau tinggalkan empat rakaat shalat di awal siang (di waktu dhuha). Maka itu akan mencukupimu diakhir siang."

Manfaat Sholat Dhuha Sebagai Pembuka Rezki 

Selain itu, Allah juga berjanji untuk orang yang rutin menjalankan ibadah shalat Dhuha akan dicukupkan apa yang menjadi kebutuhannya, setidaknya untuk kebutuhan disore atau diakhir hari.  Janji Allah tersebut bisa ditemukan dalam sebuah hadist qudsi Rasulullah saw. Yang bunyinya :

“Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla berfirman: “Wahai anak Adam, cukuplaah bagi-Ku empat rekaat di awal hari, maka Aku akan mencukupimu disore harimu”
Maka dengan begitu akankah kita melalaikan ibadah sunnah yang memiliki berjuta manfaat ini? admin harap tidak :) dan semoga kita menjadi salah satu orang yang taat seperti yang sudah Allah dan Rasul sebutkan aamiin.
This entry was posted in