Berpuasa Seperti Rasulullah

Menjalankan Puasa Meneladani Akhlaq Rasulullah

Materi Puasa

Puasa.
Bagi seluruh muslim yang taat puasa adalah kewajiban. Puasa juga merupakan hal yang biasa dan selalu dinantikan. Menjadi sesuatu yang sangat dirindukan karena begitu banyak pahala di dalamnya, juga banyak hal-hal lain yang menjadi ciri khasnya seperti asiknya menanti berbuka dengan menyiapkan hidangan terbaik dari sisi seorang ibu, menjadi tempat bersilaturahmi karena sering bertemu bertegur sapa dengan tetangga ketika akan melaksanakan shalat tarawih, beburu pakaian terbaik dan menyiapkan aneka untuk menyambut hari kemenangan, berbagi tanpa batas dan tanpa rasa takut akan habisnya harta kita karena tau betapa mulianya bulan ramandhan.

Setelah kemaren ngobrolin tentang persiapan menyambut bulan ramadhan nah sekarang admin bakal bahas apa sih yang harus dilakuin saat puasa? tentunya mengisi bulan ramadhannya ala Rasul ya... biar dapet pahala dan kebaikan^^

Baca Juga
Keutamaan Bersiwak
Apa alasan boleh mengerjakan tayamum
Alasan harus berwudhu sebelum shalat
Proses menstruasi
Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Islam
Adab memotong kuku menurut Islam


Hal- hal yang dilakukan Rasul Ketika Bulan Ramandhan
1. Memperbanyak sedekah, beramal dan memberi makan fakir miskin pada bulan ramadhan
contoh sedekah

Rasulullah Saw Berkata yang artinya
Sedekah yang paling utama adalah yang dilakukan pada saat bulan suci Ramadhan. Beliaupun berkata: Barang siapa yang berbuka dari puasanya pada saat bulan suci ramadhan, para malaikat mendoakannya dan mendoakannya pula atasnya pada malam lailatul qadar. 

dalil shalat tarawih

Rasulullah berkata:
Barang siapa yang bangun pada waktu malam dalam bulan Ramadhan, kemudian ia solat karena iman dan mengharapkan Ridha Allah, sungguh dosa dosanya yang telah lalu akan diampuni. Dan di tempat lain beliau berkata: Sesungguhnya puasa dan membaca AlQuran bagi seorang hamba pada hari kiamat kelak. Amalan puasa berkata 'pada hari itu aku dilarang untuk makan dan minum pada siang hari.' Kemudian Al Quran berkata 'pada hari itu aku dilarang untuk tidur. maka aku akan memberi syafaat pada hamba ini."

dzikir harian

umroh ramadhan

Rasulullah berkata: Umrah pada bulan ramadhan adalah sama derajatnya dengan melakukan haji bersamaku.
Buat yang mau umrah boleh deh cek di www.yukumroh.org

hadits menyegerakan buka puasa

Rasulullah berkat: Tidak henti-hentinya manusia berada dalam kebaikan selama dia menyegerakan untuk berbuka dan mengakhirkan sahur.

doa buka puasa

Doa yang dibaca Rasulullah ketika berbuka puasa
Dzahabadzoma u wabtallatiluruqu wa tsabatal ajru insyaAllahu

kurma muda

Anas bin Malik meriwayatkan: Rasulullah saw berbuka dengan beberapa butir kurma basah sebelum beliau shalat, namun apabila tidak memilii kurma basah beliau hanya memakan beberapa butir kurma kering, dan apabila tidak didapatkan pula itu, beliau hanya meneguk air.

lailatul qadar

Aisyah pernah berkata bahwa: Rasulullah saw jika masuk malam ke sepuluh dari bulan Ramadhan, malam-malamnya suka disibukan dengan membangunkan keluarganya, serta benar-benar mengencangkan sarungnya (maksudnya meningkatkan ibadah malamnya).






This entry was posted in