Keutamaan Bersiwak

Apa itu Bersiwak dalam Islam

pengertian bersiwak dalam islam

Assalamualaikum sahabat kuyhijrah.com^^

Semoga Allah senantiasa memberikan hidayahnya kepada kita agar senantiasa diberikan keistiqomahan dalam kebaikan dan ketaatan kepada-Nya. Baik sahabat, kali ini mimin mau share seputar siwak nih, selamat membaca :)

Gigi adalah salah satu pesona terpenting bagi manusia, karena ia merupakan simpul kepercayaan diri manusia. Ketika gigi bersih maka gak akan sungkan pastinya bersedekah lewat senyuman. Takan malu bila bercengkrama dengan orang lain. Lain halnya jika gigi tak bersih, bukan hanya bercengkrama namun penyakitpun mulai mengincar. Sakit gigi misalnya. Oleh karena pentingnya kebersihan gigi, maka seorang muslim diperintahkan bersiwak. 

Bersiwak dianjurkan (disunahkan) dalam 3 (tiga) keadaan, yaitu (1) ketika mulut berbau karena diam lama dan karena lainnya, (2) bangun dari tidur, dan (3) ketika akan wudu untuk shalat. Dasarnya adalah hadis-hadis berikut: 

Dari Aisyah r. a., bahwa Nabi saw. bersabda: Siwak itu dapat membersihkan mulut dan menyebabkan diridhai Tuhan - (H.R. Bukhari, Nasa`i dan Selain Keduanya).

Dari Abu Hurairah r.a bahwasannya Rasulullah saw bersabda: Sekiranya bukan akan membuat sulit dan sukar bagi umatku, tentulah aku akan memerintahkan mereka bersiwak pada tiap-tiap berwudhu. (H.R Malikdan Ahmad serta Nasa'i)

Dari Hadits di atas tentu kini dapat kita ketahui bahwasannya kita disunatkan bersiwak. Namun bersiwak juga ada yang dilarang yakni bagi orang-orang yang berpuasa. Dalam buku Fiqih Islam karya Moh. Rifa'i (1978: 68) dikatakan bahwa makruh bersiwak bagi orang yang sedang berpuasa sesudah tergelincir matahari, karena bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum dibandingkan dengan minyak kaaturi. Sabda Rasulullah saw :

Dari Hurairah r.a dari Nabi saw : Bahwasannya bau mulut orang yang sedang berpuasa itu pada sisi Allah lebih harum dibandingkan dengan minyak kasturi (H.R Bukhari dan Muslim)

Baca Juga

Baca JugaApa Alasan Boleh Mengerjakan Tayamum Jelaskan
Alasan Harus Berwudhu Sebelum Shalat

Manfaat siwak dalam Islam dari sisi kesehatan

1. Membuat gigi bersih dan mencegak gigi berlubang

2. Agar terhindar dari karang gigi

3. Terhindar dari bau mulut

4. Merawat gusi

Baiklah teman-teman mungkin sekian yang dapat aku tulis dan bagikan kali ini. Semoga bermanfaat^^

 

 

This entry was posted in