Alasan Harus Berdoa Sebelum Behubungan Badan - Kuy Hijrah

 Manfaat Doa Sebelum Berhubungan Suami Istri

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

« لَوْ أَنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَأْتِىَ أَهْلَهُ فَقَالَ بِاسْمِ اللَّهِ ، اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ ، وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا . فَإِنَّهُ إِنْ يُقَدَّرْ بَيْنَهُمَا وَلَدٌ فِى ذَلِكَ لَمْ يَضُرُّهُ شَيْطَانٌ أَبَدًا

“Jika salah seorang dari kalian (yaitu suami) ingin berhubungan intim dengan istrinya, lalu ia membaca do’a: 

بِسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

“Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezki yang Engkau anugerahkan kepada kami”, kemudian jika Allah menakdirkan (lahirnya) anak dari hubungan intim tersebut, maka setan tidak akan bisa mencelakakan anak tersebut selamanya” (HR. Bukhari no. 6388 dan Muslim no. 1434).

doa berhubungan badan agar punya anak
doa berhubungan badan agar punya anak (uidownload.com)


Hadits ini menjelaskan tentang wajibnya khusus bagi laki-laki membaca doa. Tidak ada kewajiban bagi wanita. Laki-laki wajib membacanya sementara istri mengingatkan. Dan untuk laki-laki jika merasa ingin menggauli istrinya, misal masih ngobrol-ngobrol nggak papa baca saja doanya, kalaupun tidak jadi, semisal tiba-tiba ada telpon harus keluar rumah karena urusan darurat atau hal lainnya maka dia tetap mendapatkan pahalanya. 

Dan ulama mengatakan doa ini dibaca persetiap kali berhubungan biologis sebagaimana dianjurkan membaca bismillah setiap kali mau makan, dan ini berarti setiap saat. Ibnu Umar ra ketika minum air membaca bismillah dan meletakannya membaca alhamdulillah. Terus seperti itu bahkan bisa sampai 10x melakukannya tetap dengan basmalah dan hamdalahnya.

Lalu bagaimana seandainya jika suami lupa membaca doa sebelum berhubungan intim? Atau lupa berdoa saat berhubungan? Namun istrinya yang ingat untuk membaca doa? Ulama mengatakan itu tidak apa-apa. Yang menjadi masalah bagaimana jika tidak membaca sama sekali atau keduanya lupa membaca doa? Maka yang dihawatirkan dalam hadist itu akan terjadi. Dan jika membaca doa tersebut kemudian istrinya hamil maka anak tersebut tidak akan diganggu oleh syaiton. Di situ dikatakan "abadan" yang artinya "selamanya".

Baca Juga:

Alasan Kenapa Harus Berwudhu Sebelum Shalat - Yuk Hijrah

Keutamaan Menuntut Ilmu Untuk Seorang Muslim - Yuk Hijrah

Tapi sebagian ulama mengatakan bahwa syaiton tidak akan mengganggunya adalah mengganggu anak tersebut ketika dia lahir. wallahu alam bissowab. Dan apabila tidak membaca doa tersebut maka syaiton berpartisipasi dalam hubungan biologis tersebut.

This entry was posted in