Saling Sayang Menyayangilah Kalian Agar Terhindar Dari Permusuhan

Hadist Saling Menyayangi Dalam Islam - Kuy Hijrah

Kasih Sayang Sesama Manusia - Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak mungkin dan pasti tidak akan pernah bisa hidup sendiri karena sudah menjadi kodratnya manusia saling membutuhkan satu sama lain. Maka sudah sepatutnya sesama manusia harus bisa menyayangi satu sama lain terlebih lagi jika ia adalah seorang muslim.

Seorang muslim yang baik ia harus bisa mencerminkan keagungan islam sesungguhnya bagaimanapun keadaannya,  Kenapa? karena di zaman now agama islam yang agung ini dianggap agama yang bar-bar, terbelakang, agama kekerasan, anti pancasila dan ejekan lainnya yang kerap kali di lontarkan oleh orang-orang kafir.

Oleh karenanya kita harus bisa membalikan keadaan, bukan dengan balik mengejek agama mereka namun cukup dengan mencerminkan keagungan agama ini salah satunya adalah dengan cara saling menyayangi satu sama lain tanpa melihat ras, agama, suku dan budaya walau sederhana namun kebaikan yang kita lakukan akan berdampak positif kedepannya.

Baca Juga:
Kenapa Takut Miskin Sedangkan Tuhanmu Maha Pemberi Rizki
Shalat Dhuha Sebagai Pembuka Pintu Rizki dan Penggugur Dosa - Kuy Hijrah

Terkait dengan hal ini jika melihat sabda nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh HR. Muslim yang berbunyi "Barang Siapa tidak menyayangi manusia, Maka ALLAH tidak akan menyayanginya".

Hadist diatas secara tidak langsung menganjurkan setiap muslim untuk saling menyayangi satu sama lain agar ALLAH tuhan semesta alam menyayangi kita, jika tidak maka ALLAH tidak akan pernah menyayanginya. Kebayang gimana jadinya jika kita tak di sayang ALLAH pasti merana hidup ini.

Ada hadist lain terkait saling menyayangi sesama manusia,-

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ :أَنَّ الْأَقْرَعَ بْنَ حَابِسٍ أَبْصَرَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُقَبِّلُ الْحَسَنَ فَقَالَ إِنَّ لِي عَشْرَةً مِنْ الْوَلَدِ مَا قَبَّلْتُ وَاحِدًا مِنْهُمْ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : (( إِنَّهُ مَنْ لَا يَرْحَمْ لَا يُرْحَمْ)) (رواه مسلم)

Darib Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu : ia berkata:Bahwa Aqra’ bin Habis pernah melihat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang mencium Hasan. Dia (Aqra’ bin Habis) lalu berkata: Sesungguhnya aku mempunyai sepuluh orang anak namun aku tidak pernah mencium satupun dari mereka. Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya barang siapa yang tidak menyayangi maka dia tidak akan disayangi “(HR.Muslim)
hadits tentang kasih sayang sesama manusia
cinta sesama manusia menurut islam

Keutamaan Memiliki Sikap Saling Menyayangi Kepada sesama Makhluk Hidup
Salah satu keutamaan dari menumbuhkan sifat berkasih sayang adalah dapat dihapuskannya dosa yang telah lalu, hadist ini sangat terkenal dan naziya yakin pasti temen-temen pernah mendengar atau membaca kisah seorang pelacur yang masuk surga karena memberi anjing minum ditengah gurun, hadist ini  Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu : ia berkata:

عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ امْرَأَةً بَغِيًّا رَأَتْ كَلْبًا فِي يَوْمٍ حَارٍّ يُطِيفُ بِبِئْرٍ قَدْ أَدْلَعَ لِسَانَهُ مِنْ الْعَطَشِ فَنَزَعَتْ لَهُ بِمُوقِهَا فَغُفِرَ لَه( رواه مسلم)

Dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa pada suatu hari yang sangat panas seorang wanita pelacur melihat seekor anjing sedang mengelilingi sebuah sumur sambil menjulurkan lidahnya karena kehausan. Ia kemudian melepas sepatu kulitnya (untuk mengambil air sumur yang akan diminumkan kepada anjing), lalu wanita itu diampuni dosanya (HR.Muslim)

Baca Juga:
Senyum Kepada Sesama Muslim Bernilai Shodaqoh
Ingin Tahajud Tapi Khawatir Kesiangan? Ini Solusinya

Masya ALLAH sungguh besar sekali manfaat berkasih sayang dalam islam, selain dapat mencerminkan islam sebagai agama kasih sayang, kita sebagai pelaku pun dapat terhapus dari segala macam dosa, dan semoga kita termasuk dalam kalangan orang yang berkasih sayang sesama mahluk aamiin ya ALLAH ya robbal alamin.
This entry was posted in